4 Produk Perawatan Kulit yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Raka Lestari    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:06 WIB
tips kesehatan
4 Produk Perawatan Kulit yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif
Perawatan terhadap kulit sensitif tidak bisa disamakan dengan kulit normal. (Foto: Women's Health)

Jakarta: Perawatan terhadap kulit sensitif tidak bisa disamakan dengan kulit normal. Begitu juga dalam hal memilih produk, tidak bisa sembarangan. Berikut ini produk yang sebaiknya dihindari pemilik kulit sensitif agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. 

1. Scrub wajah

Scrub cukup kasar untuk kulit yang sensitif, tidak peduli sehalus apapun butiran-butiran scrubnya. "Mengelupas kulit secara berlebihan justru dapat berakhirdengan munculnya jerawat," kata Annie Chiu, M.D., penemu The Derm Institute di California. Jika ingin menggunakan scrub, pilih yang berbahan kimia lembut seperti asam laktat dan asam buah-buahan yang membantu mempercepat perputaran sel tanpa harus menggosokkan langsung pada kulit.

2. Tabir surya kimia

Sementara tabir surya fisik (mineral) memantulkan sinar matahari untuk menghalangi radiasi UV yang berbahaya bagi kulit, tabir surya kimia justru bekerja dengan menyerap sinar UV untuk mencegah penyerapan di kulit. Proses kimiawi dapat menyebabkan iritasi pada jenis kulit sensitif, kata Margarita Lolis, M.D., Spesialis Laser & Bedah Kulit New York dan New Jersey.

3. Sampo dan kondisioner dengan asam sulfat

Sulfat terbuat dari garam mineral yang mengandung belerang, dan merupakan bahan deterjen yang kuat yang sering digunakan untuk menciptakan banyak busa pada produk seperti sampo. Jenis yang paling umum digunakan adalah sodium lauryl sulfate (SLS) dan sodium laureth sulfate (SLES). Sulfat dapat menyebabkan kekeringan dan gatal kronis di mana-mana, dari kulit kepala sampai ke wajah dan tubuh dengan cara mengurangi kelembaban saat membilasnya. Jadi, Chiu merekomendasikan jenis kulit sensitif untuk selalu mencari sampo dan kondisioner berlabel "bebas sulfat."

4. Produk perawatan kulit mengandung alkohol

Dalam membersihkan atau melembabkan kulit, alkohol adalah pilihan terakhir yang akan dipilih bagi orang-orang dengan kulit sensitif. Alkohol dapat menyerap kelembaban dari kulit sehingga menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan yang mengganggu.




(DEV)