Tips bagi Pengejar Deadline agar Tak Terkena GERD

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 17 Nov 2017 11:20 WIB
Tips bagi Pengejar Deadline agar Tak Terkena GERD
Konsumsi sayur dan buah yang penuh nutrisi juga sebaiknya semakin diperbanyak agar tubuh tidak kekurangan nutrisi dan tetap berenergi. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Para pekerja yang berada di batas waktu umumnya tak peduli dengan pola makan atau tak sempat istirahat karena hanya berfokus menyelesaikan pekerjaan. Padahal, hal tersebut bisa memicu asam lambung baik atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Lalu, bagaimana cara menghindari gangguan lambung tersebut? 

"Untuk istirahat, perlu diingat bahwa tidur tak bisa digantikan dengan apapun, jadi tetap harus tidur," ujar gastroenterologist Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dalam peluncuran aplikasi GERDQ, Kamis, 16 November 2017.

Ia menerangkan, dalam sehari, aktivitas tubuh manusia dibagi menjadi tiga bagian yaitu delapan jam pekerjaan berat, delapan jam pekerjaan tingan, dan delapan jam untuk istirahat. 


(Konsumsi sayur dan buah agar tubuh berenergi. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Tidur)

Bila pekerja tak bisa mencukupi waktu istirahat di malam hari, tak ada salahnya menyisipkan di siang hari seperti tidur siang. Meskipun rasanya tidak sesegar ketika terbangun dari tidur malam.

Selain itu, asupan dalam tubuh juga tak kalah penting. Ketua Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) tersebut menyarankan agar setidaknya makanan masuk ke dalam tubuh setiap empat hingga enam jam sekali. 

"Tak harus nasi, asalkan karbohidrat, dan perut harus tetap terisi dalam kurun waktu tersebut biar sesibuk apapun."

Konsumsi sayur dan buah yang penuh nutrisi juga sebaiknya semakin diperbanyak agar tubuh tidak kekurangan nutrisi dan tetap berenergi.









(TIN)