Apakah Susu Bisa Dibekukan?

Raka Lestari    •    Senin, 25 Jun 2018 13:48 WIB
kesehatansusu
Apakah Susu Bisa Dibekukan?
Menurut Dairy Council for Northern Ireland (DCNI), membekukan susu diperbolehkan namun tetap perlu berhati-hati. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

Jakarta: Jika Anda memiliki susu yang tersisa di rumah, untuk menghindari agar susu tersebut tidak terbuang mungkin ada beberapa orang yang menyiasatinya dengan menyimpan susu di freezer agar susu menjadi beku. Namun apakah membekukan susu diperbolehkan? Apakah tidak memengaruhi terhadap kualitas susu itu sendiri?

Menurut Dairy Council for Northern Ireland (DCNI), membekukan susu diperbolehkan namun tetap perlu berhati-hati.

Dikutip dari The Independent, membekukan susu diperbolehkan namun yang terpenting adalah susu yang ingin dibekukan tersebut harus belum memasuki masa kedaluwarsa. Jika Anda sudah membuka susu selama beberapa hari dan susu tersebut sudah memiliki bau yang tidak enak, sebaiknya tidak dibekukan.

(Baca juga: Benarkah Oat Milk Lebih Sehat dari Jenis Susu Lainnya?)


(Foto: Courtesy of iStock)

Selain itu, susu bisa memuai. Untuk itu, Anda sebaiknya tidak membekukan susu dengan menggunakan wadah yang terbuat dari gelas kaca karena dapat retak. Tidak menaruh langsung karton susu di dalam lemari pembeku juga sebaiknya dilakukan agar karton susu tidak menempel di freezer.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa susu akan berubah menjadi kuning saat dibekukan. Susu murni tidak membeku dengan baik seperti susu rendah lemak karena kandungan lemaknya yang lebih tinggi. Ini karena lemak membutuhkan suhu yang jauh lebih rendah daripada -18 derajat yang terdapat di kulkas biasa.




(TIN)