Mengenal Tiga Jenis Kulit Bayi

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 08 Aug 2018 13:48 WIB
kesehatan kulit
Mengenal Tiga Jenis Kulit Bayi
Terdapat tiga jenis tipe kulit, berikut informasinya. (Foto: Tim Bish/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap bayi memiliki jenis kulit yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua tahu agar bisa merawatnya dengan tepat.

Brand Manager Mustela Indonesia Mohamad Nurhadi mengungkapkan bahwa terdapat tiga jenis tipe kulit. Pertama, tipe normal. Ciri kulit ini adalah lembut, lembap, dan bersih.

Kedua, kulit kering dengan penampakan kasar, bersisik, dan terkadang berkeriput. Terakhir, kulit atopik (eksema) dengan ciri gatal, sangat kering, dan terkadang muncul bercak merah pada daerah pipi atau tangan.

"Saking keringnya, pada kulit atopik bisa terasa gatal dan menjadi luka," tambahnya dalam peluncuran produk perawatan bayi Mustela, Rabu 8 Agustus 2018.

(Baca juga: Lakukan Perawatan Ini Bila si Kecil Berkulit Sensitif)


(Setiap bayi memiliki jenis kulit yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua tahu agar bisa merawatnya dengan tepat. Foto: Julie Johnson/Unsplash.com)

Berbicara tentang tipe kulit terakhir, penyebabnya belum diketahui pasti tetapi diperkirakan karena faktor genetik dan sistem imun yang rendah, yang umumnya lebih sering terjadi di daerah perkotaan dengan iklim kelembapan yang rendah.

American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa 1 dari 5 anak berisiko terkena dermatitis atopik. Sekitar 50-70 persen bayi dengan tipe atopik berisiko terkena asma selama masa pertumbuhan.

Dermatitis atopik dapat ditangani dengan cara mengidentifikasi pemicu dan menghindarinya. Beberapa pemicunya adalah makanan laut, debu, bahan pakaian, hingga detergen yang digunakan saat mencuci pakaian. 




(TIN)