Perlukah Menggunakan Busa saat Mencukur Bulu Kaki

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Apr 2018 16:49 WIB
tips kesehatan
Perlukah Menggunakan Busa saat Mencukur Bulu Kaki
(Foto: Metro)

Jakarta: Pada saat sedang mencukur bulu kaki, tangan, atau bahkan ketiak umumnya para wanita menambahkan foam atau busa yang dianggap dapat mempermudah pencukuran bulu. 

Dr Anita Sturnham, seorang dokter kulit mengatakan bahwa menggunakan shower gel, sampo, dan kondisioner sebagai busa cukur darurat sama sekali tidak bermanfaat. Bahkan, menurutnya produk-produk ini justru malah membuat lebih sulit untuk mendapatkan hasil pencukuran yang halus.

"Kegiatan mencukur memiliki mekanisme kerja pengelupasan secara alami, jadi Anda perlu menggunakan produk yang dirancang untuk bekerja bersinergi dengan pisau cukur dan memudahkan untuk mencukur, mengurangi gesekan, dan mengurangi risiko iritasi dan luka," katanya kepada Popsugar.

"Formulasi ini akan melapisi rambut, membuatnya lebih tebal dan lebih sulit untuk dicukur."

Anita juga mencatat bahwa penggunaan busa darurat ini dapat membuat pisau cukur Anda menjadi tumpul dengan menyumbat mereka, yang berarti pisau cukur Anda akan menjadi sepenuhnya tidak berguna bahkan lebih cepat tumpul. 

Sebelum mencukur bulu-bulu pada tubuh Anda, usahakan untuk menggunakan krim cukur yang memang diperuntukkan untuk mencukur bulu, bukan busa sabun atau shower gel. Lakukan eksfoliasi terlebih dahulu untuk menghilangkan kulit mati dan mencegah rambut yang tumbuh ke dalam dan kemudian gunakan pelembab.

Sebaiknya juga Anda mencukur bulu-bulu pada tubuh Anda sebelum tidur agar bisa tidur dengan nyenyak dan tenang.   


Lihat video:




(DEV)