Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Orang Bertubuh Pendek

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 May 2018 15:15 WIB
tips kesehatanberat badan
Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Orang Bertubuh Pendek
Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Orang Bertubuh Pendek (Foto: istock)

Jakarta: Beberapa ahli gizi menyebutkan bahwa orang bertubuh pendek lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan orang yang lebih tinggi. Mengapa demikian?

"Semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin cepat metabolisme Anda bekerja. Orang yang lebih tinggi memiliki massa otot lebih banyak karena mereka dilahirkan dengan itu, hanya karena tinggi badan mereka," jelas Shari Portnoy, seorang ahli diet terdaftar.

Namun, bukan berarti tak ada jenis pola makan atau olahraga yang tak manjur. Berikut adalah beberapa hal yang membuat program penurunan berat badan bisa tercapai bagi orang bertubuh lebih pendek.

1. Olahraga angkat beban
"Bertubuh pendek membantu untuk melakukan latihan kekuatan dan mengembangkan massa otot sebanyak yang Anda bisa, yang sebagai imbalannya membakar lebih banyak kalori," kata Dr Luiza Petre, MD, yang berfokus pada penurunan berat badan.

2. Kenali tanda-tanda kelaparan
"Meskipun seseorang yang lebih pendek tidak boleh makan sebanyak orang yang lebih tinggi, mereka juga tidak boleh lapar," kata Tracy Lockwood Beckerman, ahli diet yang terdaftar di rumah di Betches Media.

"Tubuhmu tahu apa yang dibutuhkannya, jadi percayalah!"

Ia menambahkan, kebiasaan makan sehat secara teratur dapat membantu tubuh menyadari tanda-tanda kelaparan.

3. Menghitung kalori yang masuk
Hitunglah kebutuhan kalori, yang bisa dilakukan dengan memasukkan tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktivitas dalam sebuah kalkulator daring.

Hal tersebut bisa membantu Anda berpikir seberapa banyak kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh sehingga lebih bijak dalam memilih makanan.

4. Berbicara dengan ahli gizi
"Bicaralah dengan ahli gizi terdaftar atau ahli kesehatan sebelum membandingkan diri Anda dengan teman Anda yang berkaki panjang," kata Rachel Daniels, ahli gizi dari Virtual Health Partners.

Tidak hanya dapat membantu meletakkan segala sesuatu dalam perspektif, tetapi ahli gizi juga memiliki beberapa saran yang cocok untuk tipikal tubuh Anda.

 


(ELG)