Sehatkah Mengonsumsi Menu Makanan yang Sama Setiap Hari?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 28 Apr 2018 14:45 WIB
diet
Sehatkah Mengonsumsi Menu Makanan yang Sama Setiap Hari?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tak sedikit orang yang memiliki menu makan siang yang sama setiap hari karena tak ada waktu untuk mencoba jenis makanan lain, atau sudah merasa nyaman dengan makanan yang dikonsumsi.

Apakah hal itu sehat?

Menurut ahli gizi Nichola Ludlam-Raine, itu adalah pilihan yang buruk.

"Meskipun memang lebih mudah memiliki menu yang sama, itu tak baik untuk tubuh. Kita perlu mendapat berbagai nutrisi dan pre/probiotik yang berbeda sepanjang minggu," terangnya pada The Independent.

Ia menyarankan untuk memiliki menu makan siang yang sama dua atau tiga kali saja dalam seminggu.

Lalu, bagaimana porsi makan yang ideal?

"Piring ideal terdiri dari satu porsi protein, satu genggaman tangan karbohidrat, dua genggam sayuran non-tepung dan satu porsi lemak sehat berukuran ibu jari," ujar ahli nutrisi lain Harley Street.

Ia menambahkan, memiliki pola makan yang seimbang dan bervariasi juga merupakan kunci kesehatan usus yang baik.

Semakin banyak penelitian menunjukkan pentingnya variasi dan serat dalam makanan untuk membantu bakteri usus berkembang.

“Banyak dari kita adalah makhluk kebiasaan dan terkadang terjebak dalam rutinitas memiliki makanan yang sama setiap hari. Namun, saya suka menantang klien saya untuk menambahkan warna sebanyak mungkin ke menu makan mereka. Membuat perubahan kecil seperti menambahkan berbagai buah dan sayuran ke diet Anda mungkin memiliki pengaruh besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan."


Lihat video:




(DEV)