Benarkah Diet Golongan Darah Bisa Bikin Tubuh Langsing?

Torie Natalova    •    Senin, 07 May 2018 14:58 WIB
kesehatandiet
Benarkah Diet Golongan Darah Bisa Bikin Tubuh Langsing?
Diet golongan darah dikembangkan oleh dokter naturopati Peter D' Adamo. (Foto: Jessica To'oto'o/Unsplash.com)

Jakarta: Beragam metode diet terus bermunculan seiring dengan banyaknya orang yang inginkan bentuk tubuh langsing dan ideal. Tetapi, akhir-akhir ini saran dari ahli gizi adalah bagaimana diet dilakukan sesuai dengan diri Anda sendiri.

Maksudnya di sini adalah fokus untuk menciptakan kebiasaan makan yang sehat berdasarkan gaya hidup dan preferensi Anda, bukan diet yang seperti dulu. Ada salah satu metode diet yang sering dibicarakan yakni diet golongan darah.

Apa itu diet golongan darah?

Diet ini menargetkan golongan darah Anda untuk membuat rekomendasi nutrisi. Diet ini dikembangkan oleh dokter naturopati Peter D' Adamo. Berdasarkan penelitiannya, orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Itulah mengapa perencanaan makan golongan darah A adalah diet vegetarian yang fokus pada makanan segar, murni dan organik untuk sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, mereka dengan golongan darah O berkembang pada protein hewani. Karena, golongan darah ini memiliki kemampuan yang sangat berkembang untuk mencerna makanan yang mengandung protein dan lemak. Mengonsumsi makanan yang mengandung sejenis protein, lektin, memicu peradangan dan mengacaukan hormon Anda.


(Pada dasarnya diet apa pun dapat menyebabkan penurunan berat badan. Tetapi, itu terkait dengan jumlah kalori yang dimakan, usia dan seberapa aktif Anda. Foto: Penchant Styled/Unsplash.com)

Berikut adalah diet berdasar golongan darah menurut dokter naturopati Peter D' Adamo.

(Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Diet yang Cocok untuk Tubuh?)

Tipe A: makan makanan vegetarian yang segar dan organik.

Tipe B: hindari ayam, jagung, gandum, soba, kacang, tomat, kacang tanah, dan biji wijen, dan makan lebih banyak sayuran hijau, telur, susu rendah lemak, dan daging seperti daging domba atau daging rusa.

Tipe O: perbanyak daging tanpa lemak dan lemak sehat, tetapi potong biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu.

Tipe AB: hindari kafein, alkohol, dan daging yang diasap atau diawetkan. Fokus pada makanan seperti tahu, seafood, susu, dan sayuran hijau untuk menurunkan berat badan.

Dapatkan diet golongan darah membantu menurunkan berat badan?

Secara teknis, diet golongan darah dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Karena pada dasarnya diet apa pun dapat menyebabkan penurunan berat badan. Tetapi, itu terkait dengan jumlah kalori yang dimakan, usia dan seberapa aktif Anda. 

Meskipun kurang bukti bahwa diet golongan darah benar-benar dapat menurunkan berat badan, ada unsur diet golongan darah yang didukung oleh sains. Misalnya, rekomendasi nabati untuk golongan darah tipe A bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, pola makan vegetarian kaya nutrisi dan biasanya rendah kalori.

Ini dapat membantu mencegah penyakit tertentu dan mengarah ke berat badan yang lebih rendah. Selain itu, menghilangkan makanan olahan dari daftar menu Anda dianjurkan untuk semua golongan darah agar tubuh Anda lebih sehat.





(TIN)