Mengenal Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 08 May 2018 15:22 WIB
kamus kesehatan
Mengenal Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Penyakit autoimun lupus mulai diperbincangkan sejak aktris Selena Gomez mengidap penyakit ini. Lupus adalah penyakit inflamasi sistemik, artinya peradangan bisa terjadi pada semua bagian tubuh.  Gangguan tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang tak berfungsi dengan baik.

"Mestinya, sistem imun membunuh atau menghilangkan zat asing yang masuk dalam tubuh, tapi (pada kasus lupus) malah memberikan respons buruk pada bagian tubuh tersebut," ujar dr Sumariyono, SpPD-KR dalam edukasi kesehatan di Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.

Bagian tubuh yang terjangkit penyakit ini bisa beragam, mulai dari rambut hingga ujung kaki.

Beberapa contoh di antaranya adalah ruam pada wajah (umumnya di bagian pipi dan menyerupai bentuk kupu-kupu), nyeri pada sendi (arthritis), kejang-kejang karena menyerang bagian saraf, dan beberapa gangguan lainnya.

Salah satu jenis lupus yang paling umum adalah Lupus Eritematosus Sistemik (LES) atau dikenal dengan penyakit seribu wajah saking tak jelas penyebabnya dan gejala yang beragam, serta bisa menyerang organ mana saja.

Meski belum jelas, ada beberapa faktor penyebab yang kemungkinan menjadi pemicu LES seperti genetik (7 persen ODAPUS memiliki kerabat dengan penyakit sama), lingkungan seperti stres dan paparan UV, dan faktor hormonal sehingga kebanyakan penyakit ini dialami wanita yang memikiki hormon estrogen lebih banyak.

Beberapa gejala yang muncul adalah demam lebih dari 38 derajat Celcius secara berulang, lelah berlebihan, ruam kemerahan di kulit, nyeri pada organ tertentu, dan adanya kelainan pada hasil pemeriksaan laboratorium tertentu.

Jika diagnosa sudah diketahui, dimana orang sudah positif sebagai Orang dengan Lupus (ODAPUS), langkah selanjutnya adalah pengobatan. Penyakit ini pada dasarnya belum bisa disembuhkan, tetapi bisa diremisi. Artinya, pengobatan dilakukan agar ODAPUS bisa melakukan aktivitas normal atau setidaknya mendekati tahap normal.

Selain pengobatan, pola hidup sehat dan dukungan dari orang terdekat juga turut berperan dalam proses remisi ODAPUS seperti konsumsi makanan sehat, hindari stres, paparan rokok dan konsumsi alkohol, hindari paparan UV berlebihan, dan minum obat secara teratur.

Lihat video:




(DEV)