Alasan Seseorang Selalu Merasa Lapar

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 20 Jul 2018 09:15 WIB
kesehatan
Alasan Seseorang Selalu Merasa Lapar
Alasan lain pemicu Anda selalu merasa lapar adalah sebagai berikut. (Foto: Courtney Prather/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak yang merasa lapar meskipun sudah makan. Apakah Anda juga merasa demikian? Rasa lapar yang terus menerus ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti tiroid, gaya hidup yang tidak sehat, tingkat stres tinggi hingga kurang tidur. 

Selain empat hal tersebut, alasan lain pemicu Anda selalu merasa lapar adalah sebagai berikut.

1. Tubuh sebenarnya membutuhkan makanan
Terkadang salah satu sinyal bahwa Anda kelaparan adalah akibat menurunnya kadar glukosa darah. Cobalah untuk memerhatikan dengan baik apakah Anda benar-benar merasa lapar, atau dengarkan suara geraman perut dan minumlah segelas air untuk mengurangi rasa lapar.

(Baca juga: Lapar di Malam Hari? Ini Penyebabnya)

2. Kurang kalori saat sarapan
Sebuah studi University of Cambridge menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 300 kalori untuk sarapan akan memperoleh bobot dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang mengonsumsi 500 kalori. Hal itu terjadi karena kenaikan gula darah dan insulin makin kecil, sehingga Anda akan menjadi cepat lapar.

Ada baiknya Anda juga menambahkan protein dan sayuran hijau saat sarapan. Ini akan membantu mengurangi rasa lapar karena sayuran mengandung vitamin K yang dapat membantu mengatur kadar insulin.


(Rasa lapar yang terus menerus ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti tiroid, gaya hidup yang tidak sehat, tingkat stres tinggi hingga kurang tidur. Foto: Hutomo Abrianto/Unsplash.com)

3. Stres
Saat Anda sedang dilanda stres, tubuh akan memproduksi hormon seperti adrenalin dan kortisol. Ketika tubuh mulai memproduksi hormon stres, akan menstimulasi adrenalin dan tubuh akan meminta 'bahan bakar' untuk memberikan kekuatan. 

4. Kurang tidur
Tidur sangat memengaruhi nafsu makan. Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika seseorang kurang tidur, dua hormon utama yang mengendalikan rasa kenyang dan nafsu makan akan berubah. Sehingga Anda terdorong untuk makan lebih banyak ketika belum cukup tidur. Pastikan Anda terlelap selama delapan jam setiap malam.

5. Dehidrasi
Kurang asupan air minum menyebabkan dehidrasi dan memicu rasa lapar. Saat tubuh mengalami dehidrasi, hipotamalus (bagian otak yang mengirim sinyal rasa lapar dan haus) akan memberi sinyal dan membuat Anda ingin mengunyah. 





(TIN)