Hindari Minuman Kopi saat Stres

Torie Natalova    •    Sabtu, 02 Sep 2017 11:14 WIB
stres
Hindari Minuman Kopi saat Stres
Hindari Minuman Kopi saat Stres (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat menjalani sebuah kehidupan, Anda pasti akan menemui stres. Ketika merasa stres, sebagian besar dari Anda pasti akan mengalihkan pikiran dengan ngemil makanan.

Sebenarnya, ini adalah ide yang bagus karena saat stres di titik tertinggi, Anda cenderung lupa untuk makan. Sayangnya, camilan yang tidak sehat seringkali menjadi pilihan utama saat stres.

Pastikan Anda menghindari beberapa jenis makanan berikut saat sedang mengalami stres.

1. Tahu
Kedelai yang merupakan bahan utama tahu cenderung tinggi tembaga yang telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih tinggi dari biasanya. Sebagai gantinya, makan salmon yang dimasak atau diasap. Campur dengan beberapa minyak alpukat atau peras sedikit air lemon. Salmon penuh dengan asam lemak omega-3 yang memiliki kekuatan super melawan stres.

2. Makanan manis
Hindari makanan yang manis saat stres. Istilah "sugar rush" memiliki beberapa implikasi yang sangat nyata terutama saat Anda stres. Kenaikan glukosa akan terjadi dan akan berlanjut seiring stres yang dialami. Sebagai gantinya, makanlah stroberi untuk mendapatkan rasa manis yang mirip dengan makanan manis seperti permen.

3. Minuman kopi
Kopi memang dapat memberikan energi yang hebat. Tetapi, ini dapat membuat masalah ketika Anda stres. Kopi dapat meningkatkan suasana hati Anda sesaat, tapi mungkin akan membuat Anda lemak. Gula tambahan dalam minuman kopi manis seperti frapuccino atau latte dapat membuat Anda gelisah.

4. Minuman berenergi
Minuman ini biasanya dipenuhi dengan gula dan karbohidrat. Jika saat stres Anda membutuhkan energi, cobalah beralih ke makan beberapa kacang almond untuk mendapatkan asupan yang tepat saat stres.

5. Gorengan
Stres adalah cara tubuh mengatakan bahwa ia tidak merasa nyaman, khususnya pada tingkat atau kadar gizi. Makanan yang digoreng biasanya sarat dengan lemak dan garam yang dapat membuat stres berkurang dengan lambat.

6. Muffin
Kue ini bisanya tidak memiliki protein, dikemas dengan karbohidrat yang kosong dan penuh gula. Muffin kemungkinan akan memberi lonjakan glukosa yang akan membuat Anda merasa lapar, rewel dan stres dalam satu jam kemudian. Anda bisa menggantinya dengan sepiring telur yang mengandung vitamin D dan protein yang mudah larut.



 


(ELG)