6 Efek Positif yang Terjadi Ketika Anda Berhenti Makan Junk Food

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 20 Sep 2017 17:07 WIB
tips kesehatan
6 Efek Positif yang Terjadi Ketika Anda Berhenti Makan Junk Food
(Foto: Dreamstime)

Metrotvnews.com, Jakarta: Junk food  menjadi solusi instan untuk mengenyangkan perut, meski tak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya jika konsumsi makanan ini dibatasi. Ada banyak manfaat ketika Anda berhasil membatasi asupan junk food, antara lain:

1. Tubuh ramping

Mengurangi asupan junk food  berarti mengtangi asupan garam. Kelebihan garam yang berasal dari kentang goreng, pizza, dan ayam goreng tak hanya memengaruhi tekanan darah, tetapi juga mengurangi indera perasa. Kelebihan garam dapat menyebabkan retensi air, kembung, dan lesu. Jangan terkejut jika wajah dan tubuh terlihat lebih tirus ketika Anda memutuskan mengurangi makan junk food.

2. Berat badan menurun

Memang tak terjadi secara instan, namun perubahan tersebut memberi efek besar dalam penurunan berat badan. Hal ini karena asupan lemak jenuh yang menyebabkan kolesterol jahat (LDL) menjadi berkurang. LDL dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko obesitas.

3. Rambut kuat

Ketika Anda mengurangi asupan junk food  dan memilih makanan sehat, maka perubahan baik juga tampak pada rambut yang menjadi lebih sehat.

4. Kulit  lebih bersih dan bersinar

Kunci memiliki kulit indah tak hanya terdapat pada produk perawatan kulit, tetapi juga pada apa yang Anda makan. Pemilihan makanan yang baik membantu tubuh mennyeimbangkan hormon dan melindungi kulit dari efek samping bahan pengawet.

5. Tidur lebih nyenyak

Asupan tinggi gula dan lemak jelas tak sehat dan dapat menganggu tidur Anda. Makanan tersebut menghalangi proses neurokimia alami yang dapat menyebabkan seseorang menjadi lekas marah dan lemas.

6. Lebih baik dalam berpikir

Asupan nutrisi yang lebih baik membuat otak dapat berpikir lebih jernih, dibandingkan makanan penuh lemak dan garam. Dengan asupan bernutrisi baik, otak menjadi lebih mudah konsentrasi dan fokus, serta berpikir lebih baik.




(DEV)