Hindari Makanan Ini saat Lapar

Torie Natalova    •    Sabtu, 15 Jul 2017 16:58 WIB
kesehatan
Hindari Makanan Ini saat Lapar
Hindari Makanan Ini saat Lapar (Foto: pixabay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melewatkan jam makan siang terkadang akan membuat Anda menginginkan makanan favorit untuk disantap ketika malam tiba. Tetapi, tak jarang saat mengonsumsi makanan favorit setelah tidaK makan siang menyebabkan rasa sakit pada perut. Terlebih, makanan favorit Anda memiliki rasa pedas.

Mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong dapat meningkatkan kemungkinan Anda merasakan iritasi pada perut. Menurut ahli pencernaan Lisa Ganjhu, saat masuk ke dalam perut makanan pedas akan bersentuhan dengan lapisan perut dan tidak dapat bercampur dengan bahan makanan lain.

Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah meminum susu sebelum makan makanan pedas. Karena, susu sangat baik dalam melapisi perut dan menghilangkan panas dari cabai.

Selain makanan pedas, makanan berikut ini juga dapat memicu masalah ketika disantap dalam perut kosong.

1. Buah
Apel atau buar pir saja tidak akan cukup membuat perut kenyang. Meskipun gula dalam buah dapat dicerna lebih lambat daripada gula pada permen, sepotong buah tidak cukup mengenyangkan. Karenanya, Anda dapat menambahkan protein untuk menekan ghrelin atau hormon lapar. Anda bisa menambahkan protein seperti kacang, keju atau selai kacang dalam buah Anda.

2. Makanan ringan
Meski memiliki kalori tinggi, makanan ringan tidak dapat memuaskan perut yang lapar. Kerupuk atau keripik dibuat dengan karbohidrat sederhana yang bisa dicerna paling cepat sehingga Anda dapat merasa lapar kembali dengan cepat. Sebaiknya, Anda makan dengan porsi yang sedikit namun dengan kadar kalori yang memuaskan.

3. Jeruk, mint, saus pasta dan kafein
Makanan seperti ini dapat menghasilkan asam saat Anda memakannya. Ini dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan di dinding perut. Masalahnya akan semakin besar jika makanan ini dikonsumsi saat perut kosong karena tidak ada makanan lain di sana untuk menciptakan penyangga antara asam dan lapisan perut.

Sedangkan kafein bisa sangat mengganggu orang-orang dengan gastritis atau radang pada lapisan perut. Anda sebaiknya pilih sayuran karena tidak memicu produksi asam di perut.

4. Sushi
Kombinasi nasi dan kecap yang dicampur saat Anda memakannya, menjadikan sushi pilihan yang buruk untuk memuaskan rasa lapar. Beras akan sebabkan kenaikan gula darah karena tidak memiliki serat. Sedangkan kecap, tinggi sodium yang akan membuat Anda haus. Otak akan dibuat bingung oleh rasa lapar yang ternyata tubuh lebih memerlukan cairan.




 


(ELG)