Pentingnya Cek Mata Rutin

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 10 Sep 2016 16:11 WIB
mata
Pentingnya Cek Mata Rutin
Pentingnya Cek Mata Rutin (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Optometry and Vision Science mengungkapkan bahwa banyak orang tak menyadari mereka mengalami masalah penglihatan.

Para peneliti menemukan bahwa 58 persen orang dengan gejala penglihatan tak diketahui, setidaknya menemukan satu perubahan signifikan saat berkunjung secara rutin ke dokter mata.

Dalam sebagian besar kasus, diagnosa yang diberikan relatif kecil seperti kebutuhan untuk penggunaan kacamata atau lensa kontak dan resep baru.

Namun, menggunakan resep lama adalah sesuatu yang berbahaya bagi mata karena bisa menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan pusing.

Menurut pemimpin peneliti Elizabeth Irving, Ph.D., profesor optometri dan ilmu visi di Universitas Waterloo, bisa terjadi diorientasi yang membahayakan saat gejala tersebut muncul.

Selain itu, para peneliti menambahkan, 14 persen dari perubahan tersebut diklasifikasikan sebagai diagnosa kritis baru yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, baik sebagian maupun seluruhnya.

Dan kebanyakan diagnosa tersebut adalah glaukoma.

Glaukoma adalah penyakit yang merusak saraf optik otak yang biasanya tak memiliki gejala. Ketika penglihatan terdistorsi atau penglihatan parsial mulai terpotong, hal itu akan muncul secara perlahan.

Ini artinya, Anda membutuhkan waktu untuk  menyadarinya. Jika menunggu hal itu muncul untuk diperiksakan, kemungkinan pengobatan akan terlambat. Deteksi dini penyakit tersebut dapat memberikan pengobatan yang lebih baik.

Glaukoma biasanya diderita oleh mereka yang berusia di atas 60 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan segala usia untuk terkena, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau menurun secara genetik.

Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter kapan waktu kontrol mata yang  tepat karena kondisi kesehatan tertentu dapat meningkatkan risiko masalah penglihatan.

"Namun, jika Anda merasa sehat, lakukan pemeriksaan matya rutin setiap 2 atau 3 tahun sekali untuk melindungi mata Anda," ujar Irving.

Segera kunjungi dokter mata bila Anda sudah merasa ada yang tak beres dengan penglihatan, seperti sakit mata, iritasi, penglihatan gandang, ada bintik hitam, terlalu silau, kesulitan membaca, dan mata lelah.

 


(ELG)