Tips Mengajari Balita Menyikat Gigi

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Sep 2016 09:00 WIB
tips kesehatan
Tips Mengajari Balita Menyikat Gigi
(Foto: Dilcdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan menyikat gigi harus ditanamkan sejak usia dini. Namun, memang tak mudah. Drg Jane Shaw  mengungkapkan, bahwa cara termudah adalah dengan mendudukkan anak di pangkuan dengan posisi kepala berada di dekat siku Anda. Bujuklah anak, bukan dengan paksaan, agar mau membuka mulutnya.

Untuk sikat gigi, bisa menggunakan manual maupun elektrik. Pilihlah sikat yang berkepala kecil dengan bulu sikat yang terbuat dari nilon agar lembut. Untuk pasta gigi, pilihlah yang mengandung kadar florida rendah, yakni 1.000 ppm.

Panduan menyikat gigi

Gerakkan sikat gigi secara lembut pada mulut anak dengan gerakan cepat. Bila ia malah mengunyah sikat atau penasaran, biarkan sejenak. Namun, jangan terlena dan kembali sikat gigi anak.

Suruh anak segera meludahkan pasta gigi usai menyikat. Dalam hal ini, tak apa jika anak tidak mau langsung berkumur usai menyikat gigi.

Jangan lupa memberikan ucapan motivasi setiap kali anak berhasil melakukannya sebagai penyemangat.

Bersihkan gigi anak Anda dua kali sehari, salah satunya sebelum tidur malam.

Sikatlah gigi anak secara teratur agar permukaan gigi secara keseluruhan bersih. Bila anak tak ingin menggosok gigi, coba libatkan permainan di dalam proses tersebut, misalnya dengan bernyanyi atau bermain pencarian sikat gigi.

Jika anak bosan melakukan kegiatan tersebut di pangkuan Anda, sobalah posisi lain seperti membaringkan kepala di pangkuan sehingga Anda bisa melihat semua giginya dan lebih mudah dalam membersihkannya.

Ketika umur anak semakin bertambah, biarkan anak memilih sendiri sikat gigi yang ia inginkan agar membuatnya lebih bersemangat untuk membersihkan gigi dan mulai belajar sendiri, kelak.

Pastikan Anda menyikat gigi anak pada pagi dan malam hari agar kebiasaan tersebut tertanam dalam diri anak saat ia sudah bisa melakukannya sendiri tanpa perlu diawasi.


(DEV)