Minum Kopi Sangat Panas Memicu Kanker?

Torie Natalova    •    Senin, 03 Oct 2016 10:35 WIB
studi kesehatan
Minum Kopi Sangat Panas Memicu Kanker?
Menurut laporan IARC menunjukkan bahwa minum minuman yang sangat panas adalah salah satu kemungkinan penyebab kanker esofagus atau kerongkongan. (Foto: Sheknows)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi lebih nikmat jika diminum dalam keadaan panas. Namun, The International Agency for Research on Cancer (IARC) mengatakan, minum minuman yang sangat panas hingga suhu mencapai lebih dari 149 derajat bisa memicu kanker.

Menurut laporan IARC tersebut, cairan panas kemungkinan besar bisa mendorong pertumbuhan tumor yang dapat berujung pada pertumbuhan kanker.

"Hasil ini menunjukkan bahwa minum minuman yang sangat panas adalah salah satu kemungkinan penyebab kanker esofagus atau kerongkongan," kata Direktur IARC Christopher Wild kepada Reuters.

(Baca juga: Bikin Sendiri Kopi ala Kafe di Rumah)

Namun, penelitian tersebut masih diperlukan kelanjutannya lagi untuk melihat lebih jauh penyebab kanker kerongkongan seperti merokok dan minum alkohol. Memang, tidak ada orang yang bisa minum kopi dengan suhu yang sangat panas.

Sebuah studi juga mengatakan tidak adanya bukti konklusif dari efek karsinogenik dalam secangkir kopi. Kopi itu sendiri kemungkinan besar bisa mencegah beberapa jenis kanker.

Tahun lalu, IARC mengumumkan bahwa daging mengandung karsinogenik yaitu zat pemicu kanker. Tapi, jika dimakan dalam porsi yang tidak terlalu banyak, risiko kanker cenderung rendah. Dalam kasus minuman yang sangat panas tersebut, IARC menyimpulkan bahwa minuman panas bisa jadi berbahaya meski tidak bisa dikatakan seberapa besar risikonya pada kesehatan Anda.





(TIN)