Mengapa Orang Senang Bermeditasi?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 06 Oct 2016 11:23 WIB
meditasi
Mengapa Orang Senang Bermeditasi?
Meditasi tak harus di waktu atau tempat tertentu, yang penting posisi kaki menyentuh lantai dan punggung tegak. (Foto: Picdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mengklaim meditasi dapat menenangkan hati. Hal demikian pun diungkapkan Linda Widjaja, seorang meditator yang telah menjalani kebiasaan tersebut selama tujuh tahun.

"Saya mendapatkan banyak manfaat dari meditasi, baik secara mental dan fisik," ungkapnya yang melakukan meditasi dengan metode Joy of Living dari Mahaguru Yongey Mingyur Rinpoche dalam acara temu media Pelatihan Meditasi Joy of Living 2016, Rabu (5/10/2016).

Ia menjelaskan, setelah melakukan meditasi beberapa kebiasaan buruk bisa dia tangani, seperti insomnia yang sudah lama dialami menjadi hilang sama sekali, sifat tempramen hingga bisa melemparkan barang yang kini bisa dikontrol dengan cara menenangkan diri sendiri, dan suasana hati yang naik turun tak jelas bisa stabil dengan lebih lama.

(Baca juga: 7 Aktivitas Ini Memiliki Manfaat seperti Meditasi)

Namun, ia mengaku bahwa perubahan tersebut tak instan ia dapatkan. Untuk bisa bersahabat dengan emosinya, wanita yang sudah berumur lebih dari 50 tahun tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Ia melakukan meditasi setiap hari sesuai dengan metode Joy of Living dimana terdapat tiga level dengan waktu masing-masing minimal 50 jam untuk setiap level meditasi.

"Meditasi adalah pelatihan pikiran, dimana saya belajar tenang menghadapi masalah dalam kondisi apapun," katanya.

Linda juga memberikan tips sederhana bagi mereka yang ingin mencoba untuk melakukan meditasi.

"Meditasi tak harus di waktu atau tempat tertentu. Yang penting posisi kaki menyentuh lantai dan punggung tegak. Tangan juga sebaiknya dilebarkan, tidak digenggam, dan diletakkan di tempat yang membuat nyaman seperti di atas lutut," sarannya.

Selain itu, ada juga teknik lain, yaitu mengatur pernapasan dan mendengarkan. Lakukan meditasi dengan cara mendengarkan musik tanpa melakukan penilaian, seperti apakah Anda suka atau tidak dengan musik tersebut. Anda cukup menikmati alunan musik sebagai bentuk proses meditasi.





(TIN)