Waktu yang Tepat Menyentuh Bayi Anda

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 04 Oct 2016 15:11 WIB
bayi
Waktu yang Tepat Menyentuh Bayi Anda
Jangan terlalu lama membiarkan orang lain memegang bayi Anda, karena hal tersebut membuat si kecil kelelahan atau terlalu terstimulasi. (Foto: Bebelu.ru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu hal yang akan Anda alami ketika baru saja melahirkan adalah menerima kunjungan dari  berbagai orang seperti keluarga atau teman di rumah. 

Mendapat perhatian dari orang-orang sekitar tentu menyenangkan, namun amankah membiarkan mereka menyentuh bayi Anda yang baru lahir? 

(Baca juga: 5 Postur Tubuh Berdampak Buruk Pada Kesehatan)

Beberapa hal di bawah ini bisa Anda jadikan panduan, kapan orang lain diperbolehkan untuk menyentuh bayi Anda.

- Pada dasarnya, bayi sudah bisa digendong atau dipegang oleh siapa saja, asalkan kebersihan dari orang tersebut terjamin. Pastikan mereka sudah mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil. 

- Bagi pengunjung yang merupakan perokok, usahakan mereka menyentuh si kecil minimal 20 menit setelah berhenti merokok dan mencuci tangan dengan bersih, karena racun dalam rokok akan masih bertahan di pakaian dan nafas mereka. 

- Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan orang lain memegang bayi Anda karena hal tersebut membuat si kecil kelelahan atau terlalu terstimulasi. 

- Pastikan juga para pengunjung tidak batuk atau bersih saat berada di dekat si kecil. Bayi yang baru lahir, terutama yang prematur, lebih rentan tertular penyakit dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan bayi yang belum matang. 

- Ketika bayi telah berumur lebih dari satu bulan, Anda tak perlu lagi terlalu protektif terhadap kuman yang datang dari para kerabat atau teman yang berkunjung. Namun, tetap pastikan mereka yang ingin menggendong bayi Anda memiliki tangan yang bersih. 






(TIN)