Apakah Kopi Sehat atau Berbahaya?

Karina Yunita    •    Kamis, 15 Sep 2016 19:08 WIB
kesehatan
Apakah Kopi Sehat atau Berbahaya?
(Foto: Readersdigest.ca) Menikmati secangkir kopi bisa menyenangkan, namun ada tingkat toleransi kafein yang berbeda pada setiap orang.

Metrotvnews.com, Jakarta: Khasiat secangkir kopi yang Anda konsumsi setiap pagi hari pastinya sudah bukan rahasia lagi. Karena Anda sudah bisa merasakan manfaat minum kopi secara langsung dari sejak tegukan pertama.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai kopi serta manfaatnya untuk kesehatan:

Diabetes
Sebuah studi dari 14.000 orang di Finlandia (konsumen kopi terbesar di dunia) menemukan bahwa, wanita yang minum 3-4 cangkir sehari dapat mengurangi berkembangnya risiko diabetes sebesar 29 persen. Untuk pria, sebesar 27 persen. Para peneliti tidak yakin mengapa, tetapi menduga bahwa antioksidan dalam kopi membantu memberikan insulin untuk jaringan tubuh.

Kanker
Di Jepang, sebuah studi dari 90.000 orang mengungkapkan bahwa, mereka yang minum kopi setiap hari selama sepuluh tahun, hanya setengahnya saja yang mungkin terkena kanker hati.

(Baca juga: Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga)

Penyakit Parkinson
Para peneliti di Hawaii memantau kesehatan lebih dari 8.000 pria Jepang-Amerika selama 30 tahun, dan menemukan bahwa mereka yang minum secangkir kopi sehari mendapatkan kurang dari setengah kejadian penyakit Parkinson.

Batu empedu
Studi di Amerika Serikat melibatkan 46.000 orang yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari selama sepuluh tahun, mengungkapkan bahwa mereka memiliki resiko 40 persen lebih rendah terjadinya batu empedu.


Efek Potensi Bahaya Kopi

Serangan Jantung dan Stroke
Ada perdebatan panas tentang apakah minum kopi menyebabkan risiko jantung. Sebuah studi di Yunani melibatkan lebih dari 3.000 orang, yang berpendapat bahwa peminum kopi memiliki kadar zat inflamasi (yang terkait dengan tingkat peningkatan stroke dan serangan jantung) dalam darah mereka, dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi.

Rheumatoid Arthritis
Sebuah penelitian di Finlandia melibatkan 19.000 orang, menunjukkan mereka yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari, dua kali lebih mungkin untuk menderita penyakit rheumatoid arthritis. Para peneliti percaya beberapa bahan yang belum teridentifikasi (terutama di kopi tanpa penyaringan) bisa memicu penyakit.

Osteoporosis
Sebuah studi di California melibatkan 980 wanita pasca-menopause menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir kopi sehari mengalami kerugian yang lebih besar dalam kepadatan tulangnya, dibandingkan mereka yang tidak. Bagaimana bisa? Karena kafein bertindak sebagai diuretik, meningkatkan jumlah kalsium yang diekskresikan dalam urin.

Jadi, Apakah Kopi Sehat atau Berbahaya?
Bagi kebanyakan dari kita, meminum secangkir kopi adalah sebuah cara yang menyenangkan dan tidak berbahaya. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang menunjukkan tingkat toleransi yang berbeda terhadap kafein. Jadi, secangkir cappuccino bagi Anda bisa memberikan semangat di pagi hari, untuk orang lain mungkin saja tidak.






(TIN)