Cara Ini Bantu Anda Menemukan Belahan Jiwa

Raka Lestari    •    Rabu, 14 Nov 2018 13:20 WIB
romansapsikologi
Cara Ini Bantu Anda Menemukan Belahan Jiwa
Sedang mencari belahan jiwa? Ini yang bisa Anda lakukan. (Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

Jakarta: Menemukan belahan jiwa atau soulmate merupakan keinginan yang dimiliki oleh banyak orang.

Penggambaran sosok belahan jiwa yang terdapat dalam film, novel, bahkan di media sosial menganggap bahwa belahan jiwa merupakan sosok yang sangat sempurna.

Padahal menurut profesor psikologi Gary W. Lewandowski Jr, istilah 'belahan jiwa' bisa berbahaya. Hal ini menggambarkan belahan jiwa sebagai seseorang yang sangat sempurna dalam hubungan pada dasarnya tidak mungkin tercapai.

Dan ketika seseorang mencari belahan jiwanya, mereka dapat berakhir pada pencarian yang tidak pernah berakhir, kata Ramani Durvasula, seorang psikolog yang berbasis di California.

Jika Anda percaya pada belahan jiwa, mudah untuk berpikir bahwa Anda membutuhkan orang lain untuk melengkapi Anda.

Padahal dalam hubungan sebaiknya selalu ada peningkatan, bukan hanya pemenuhan kebutuhan, tambahnya.


(Jika Anda percaya pada belahan jiwa, mudah untuk berpikir bahwa Anda membutuhkan orang lain untuk melengkapi Anda. Foto: Pablo Merchan Montes/Unsplash.com)

Dibandingkan mencari belahan jiwa Anda, mulailah mencari hubungan yang lebih realistis, jujur dan sehat. Berikut ini adalah yang bisa dilakukan.

(Baca juga: Usia Berapa yang Tepat untuk Menikah?)

1. Membuat daftar
Menuliskan apa saja kriteria yang Anda cari dalam pasangan bisa membantu Anda menemukan pasangan yang tepat, ujar Durvasula.

Usahakan untuk lebih fokus terhadap kepribadian dan pandangan hidup yang umumnya lebih penting daripada masalah materi atau kesukaan mereka.

Lewandowski berpendapat periksa kembali catatan Anda meskipun sudah menemukan pasangan agar hubungan Anda dan pasangan untuk dijadikan evaluasi apakah pasangan Anda merupakan sosok yang dicari.

2. Amati hubungan di sekitar Anda
Mengamati hubungan dari orang-orang terdekat Anda adalah cara terbaik untuk menemukan tujuan hubungan yang realistis dan jujur, menurut Durvasula.

Ambil sisi positif dan negatif dalam menjalani hubungan dari orang-orang terdekat Anda. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa yang orang-orang terdekat Anda lakukan untuk selalu membuat hubungan mereka berjalan dengan baik.

3. Prioritaskan diri Anda
Memiliki hubungan yang sehat dan memiliki komitmen serius dimulai dengan fokus terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

"Kadang-kadang saya khawatir ketika seseorang sedang mencari belahan jiwa, mereka mencoba untuk mengisi kekosongan di dalam diri mereka," kata Durvasula.

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri, seperti dalam karier atau kehidupan pribadi dapat memberi Anda kesempatan untuk menjalin hubungan.

Ia juga menambahkan bahwa waktu yang tepat untuk menemukan pasangan hidup adalah ketika Anda sudah merasa puas dengan diri sendiri karena pasangan tidak akan mengisi kekosongan yang Anda rasakan, seberapapun hebatnya pasangan Anda.




(TIN)