Masak Bersama Dorong Anak Makan Sehat

Media Indonesia    •    Jumat, 11 Nov 2016 08:00 WIB
tips & trik
Masak Bersama Dorong Anak Makan Sehat
(Foto: Eatright)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengajak anak makan sehat kadang perlu upaya ekstra. Anak kadang lebih tertarik jajanan dan junk food yang rendah nutrisi serta menghindari sayuran dan buah.

Orangtua bisa mengatasi masalah tersebut dengan melibatkan si kecil dalam proses pembuatan makanan di dapur. "Melibatkan anak dalam proses memasak terbukti mendorong mereka mengadopsi pola makan sehat," ujar psikolog Rini Hildayani dalam acara Nestle Healthy Kids-International Chefs Day 2016: Art on a Plate, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rini menjelaskan anak dapat dilibatkan mulai dari pemilihan menu, belanja bahan-bahan, serta membantu proses memasak. "Tentu disesuaikan dengan usianya.

"Ketika anak dilibatkan dalam kegiatan memasak, anak akan lebih mengenal beragam bahan makanan dan memahami zat gizi bahan-bahan tersebut. "Dengan begitu, kemungkinan anak tumbuh menjadi picky eater atau suka memilih-milih makanan akan berkurang. Proses pembelajaran ini akan menjadi semakin efektif apabila sang anak menikmati proses tersebut.

"Pada kesempatan sama, pakar nutrisi Sari Sunda Bulan turut menekankan pentingnya memperkenalkan asupan gizi seimbang sejak dini. "Anak yang diperkenalkan dengan pola makan sehat dan konsep gizi seimbang sejak dini, termasuk porsi makan, akan menjadi terbiasa dengan pola tersebut hingga mereka kelak dewasa," ujarnya.

 


(DEV)