Bagaimana Diabetes Menurun Secara Genetis?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 17 Nov 2016 16:29 WIB
diabetes
Bagaimana Diabetes Menurun Secara Genetis?
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu penyebab seseorang terkena diabetes adalah karena penyakit ini diturunkan melalui genetis.

Diabetes adalah kelainan metabolik dimana terjadi peningkatan glukosa atau gula darah yang jumlahnya menjadi di atas standar. Untuk diabetes yang disebabkan secara keturunan, ada dua macam penyebabnya.

Pertama, diabetes genetik yang disebabkan karena adanya kecacatan materi gen dalam inti sel sehingga penyakit tersebut muncul.

Kedua, karena adanya kecacatan materi gen pada sel telur ibu sehingga bisa menurun pada anaknya, baik anak laki-laki maupun anak perempuan.

"Karena ini hanya bisa diturunkan pada sel telur, maka nanti hanya anak perempuan yang bisa terkena dan menurunkan pada keturunan selanjutnya," ujar Prof. DR. dr. Agung Pranoto, Sp.PD-KEMD selaku Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) dalam program edukasi bertajuk “Cegah, Obati, Lawan Diabetes”, Kamis (17/11/2016).

Namun, jika penyebabnya karena kerusakan inti sel, maka baik anak perempuan maupun laki-laki berisiko terkena diabetes seperti orang tuanya.

Jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat. Merujuk data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan, prevelansi diabetes di Indonesia dari 5,7 persen pada 2007 menjadi 6,9 persen atau sekitar 9,1 juta penderita dari populasi pada tahun 2013.

Sementara menurut data International Diabetes Federation (IDF) tahun 2015, mengestimasikan penyandang diabetes di Indonesia sebesar 10 juta orang.  

Jika tidak dicegah, angka penyandang diabetes diperkirakan akan meningkat menjadi 16,2 juta pada tahun 2040. Saat ini, diabetes merupakan penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia.


(DEV)