Tips Membuat Anak Doyan Sayur dan Buah

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Nov 2016 15:20 WIB
kesehatan anak
Tips Membuat Anak Doyan Sayur dan Buah
Agar anak senang makan buah dan sayur, sebaiknya orangtua membiasakan menyediakan menu dengan dua makanan tersebut. (Foto: Drjuliedurnan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hanya 6,5 persen masyarakat Indonesia yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya. Ini berarti tak sedikit anak-anak yang juga tak mengonsumai makanan yang sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Jika demikian, apa yang harus dilakukan orangtua agar anak jadi ingin mengonsumsi dua jenis makanan yang sehat dan bergizi tersebut?

"Kebiasaan makan sayur dan buah seharusnya dibiasakan sejak dini, bahkan sejak masih dalam kandungan," jawab psikolog keluarga Ayoe Sutomo M.Psi, dalam diskusi 'Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis', Rabu (16/11/2016).

Ia menjelaskan, kebanyakan anak tidak suka makan buah dan sayur karena tidak dikenalkan dan tidak dibiasakan. Ada berbagai faktor penyebabnya, salah satunya dari orangtua sendiri yang juga tak suka makan sayur dan buah.

Oleh karena itu, agar anak senang makan, sebaiknya orangtua membiasakan menyediakan menu dengan dua makanan tersebut. Pada dasarnya, anak selalu merasa segala makanan yang disajikan untuknya adalah enak. 

(Baca juga: Mengapa Harus Makan Buah dan Sayur?)

Pola pemikiran tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberikan pemikiran positif dimana sayur dan buah adalah makanan yang enak dan bergizi.

"Meskipun menyiapkan sendiri  memang merepotkan, misalnya di pagi hari atau untuk bekal, namun kebiasaan ini memang perlu dibentuk," pungkasnya.

Saran lain dari Ayoe adalah membuat makanan menjadi lebih bervariasi, misalnya dengan memasukkan potongan buah atau sayur ke dalam makanan penutup seperti puding. Dengan demikian, anak juga tertarik untuk makan meski hanyan ukuran kecil.

Khusus untuk anak bawah lima tahun (balita), cara paling baik untuk membuat mereka doyan makan adalah dengan memberikan contoh secara terus-menerus.

"Pada usia ini, anak akan menjadi peniru ulung dimana semua perilaku orang tua akan ditiru. Manfaatkan hal tersebut dengan menciptakan kebiasaan makan sayur dan buah pada anak," tutupnya. 







(TIN)