Ketahui 4 Penyebab Cegukan

Torie Natalova    •    Minggu, 13 Nov 2016 11:11 WIB
tips kesehatan
Ketahui 4 Penyebab Cegukan
(Foto: Womens Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda pasti pernah mengalami cegukan. Ya, cegukan memang sering datang tiba-tiba dan banyak yang meyakini cegukan berasal karena kurang minum setelah makan.

Apa sebenarnya yang menyebabkan cegukan dan bagaimana hal tersebut terjadi? Ini dia alasannya.

1. Otot berhenti meregang

Percaya atau tidak, cegukan adalah tentang otot Anda yang berhenti meregang. Ini sebenarnya otot diafragma yang membuat Anda mengalami cegukan. Hal ini dapat terjadi dengan cara yang berbeda, tapi kebanyakan cegukan terjadi karena Anda makan dan minum terlalu banyak atau terlalu cepat.

Ini dapat menyebabkan perut Anda mengembung yang mengganggu diafragma dan menyebabkannya panik. Otot-otot diafragma dan interkosal (yang ada di antara tulang rusuk) menjadi iritasi dan kontraksi. Normalnya ini terjadi ketika Anda mengambil napas, tetapi ketika terjadi distensi perut, ini menyebabkan Anda mengambil napas sangat cepat dan tubuh tidak suka hal itu terjadi.

2. Terlalu banyak masuk udara

Ketika paru-paru memaksa Anda untuk mengambil udara berlebihan, otak Anda tidak memberikan persetujuannya. Kondisi inilah yang memicu cegukan. Masalah ini muncul pada laring (kotak suara) Anda dan glotis atau pembukaan laring. Otot-otot ini tidak menginginkan udara berlebihan masuk, sehingga mereka memutuskan kontraksi pada waktu yang sama.

Suara cegukan pun terdengar sama pada setiap orang. Ini karena glotis menutup dengan cepat dan paru-paru tidak mendapatkan udara yang dijanjikan diafragma Anda.

3. Bisa mengarah pada penyakit serius

Makan atau minum terlalu cepat bukan satu-satunya alasan Anda cegukan. Terkadang, cegukan bisa terjadi akibat makanan pedas, terkejut dan bahkan stres.

Ada juga beberapa penyakit serius yang bisa sebabkan cegukan. Sejak cegukan terkoneksi langsung pada sistem saraf pusat, tumor dan sejenisnya dapat mempengaruhi diafragma yang dapat menyebabkan cegukan. Dalam beberapa kasus, cegukan bisa karena penyakit meningitis, AIDS atau masalah pada pencernaan dan peradangan.

4. Cegukan bisa mengakibatkan penyakit serius

Meski tidak ada alasan pasti terjadinya cegukan, ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius untuk beberapa waktu. Banyak orang yang menderita dari cegukan berkepanjangan mengakibatkan sulit tidur, malnutrisi, kehilangan berat badan karena sulit makan dan dehidrasi. Banyak pula orang yang mengalami sakit dada selama cegukan terjadi.

 


(DEV)