Konsumsi Sayuran Berwarna Oranye Bantu Turunkan Risiko Kanker Payudara

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 23 Jul 2018 17:04 WIB
studi kesehatan
Konsumsi Sayuran Berwarna Oranye Bantu Turunkan Risiko Kanker Payudara
(Foto: Organic Facts)

Jakarta: Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi potensi terkena kanker payudara. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan. 

Berdasarkan sebuah penlitian yang dilakukan oleh Harvard University, wanita yang rutin mengonsumsi lima jenis buah dan sayuran sehari-hari dapat mengurangi risiko kanker payudara payudara hingga 11 persen. 

Adapun jenis sayuran yang disarankan beberapa di antaranya brokoli, kecambah, wortel, dan paprika kuning. 

Peneliti menganalisa data 182 ribu wanita melalui kuisioner diet setiap empat tahun, dan membandingkan risiko kanker antara wanita yang makan 5,5 porsi buah dan sayuran sehari dengan kurang dari 2,5 porsi per hari.

Satu porsi didefinisikan sebagai delapan ons sayuran berdaun mentah, empat ons sayuran yang dimasak, atau tiga ons buah. 

Mereka menemukan wanita yang makan setidaknya 5,5 porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki 11 persen lebih rendah risiko terkena kanker payudara.
Sayuran berwarna oranye dan kuning serta varietas kubis dan kembang kol adalah yang paling baik.

Pemimpin penelitian Dr Maryam Farvid mengatakan, hasil penelitian ini kembali mengingatkan kepada masyarakat, khususnya kaum hawa akan pentingnya mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari untuk mencegah kanker payudara.





(DEV)