Yoga Membantu Mengatasi Kenangan Buruk pada Remaja

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Jun 2018 12:57 WIB
kesehatanyogastudi kesehatan
Yoga Membantu Mengatasi Kenangan Buruk pada Remaja
Sebuah studi menemukan bahwa mempraktikkan yoga dengan penuh kesadaran membantu mereka menghadapi situasi yang mengerikan seperti kekerasan. (Foto: Jenna Anderson/Unsplash.com)

Jakarta: Manfaat yoga untuk tubuh semakin bertambah. Sebuah studi menemukan bahwa mempraktikkan yoga dengan penuh kesadaran membantu mereka yang berusia muda menghadapi situasi yang mengerikan seperti kekerasan, masalah keluarga, negatif, dan lain-lain. 

Studi yang dilakukan oleh University of Cincinnati, Amerika Serikat tersebut memelajari hubungan stres dalam kehidupan dan penyalahgunaan zat, kenakalan remaja, dan perilaku seksual berisiko.

Studi tersebut berfokus pada kaum muda dari usia 18 hingga 24 tahun dan mengungkapkan bahwa meskipun stres di awal kehidupan, mekanisme mengatasi positif baik yang dihasilkan sendiri atau dipelajari dapat memiliki efek protektif.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu dengan kegiatan seperti bermain olahraga atau membaca buku, dua kali lebih mungkin untuk menghindari perilaku seksual berisiko atau penyalahgunaan zat.


(Studi yang dilakukan oleh University of Cincinnati, Amerika Serikat memelajari hubungan stres dalam kehidupan dan penyalahgunaan zat, kenakalan remaja, dan perilaku seksual berisiko dengan yoga. Foto: Form/Unsplash.com)

(Baca juga: Yoga Tingkatkan Kemampuan Kognitif)

Studi tersebut juga menemukan bahwa pemuda yang tidak mampu mengembangkan mekanisme mengatasi positif bisa mulai mengambil risiko seks tanpa kondom untuk uang, kekerasan, penyalahgunaan zat, dan kejahatan.

Yoga yang penuh perhatian, menurut penelitian di mana para remaja diajarkan untuk mengendalikan pernapasan dan emosi untuk mengembangkan keterampilan mengatasi masalah jangka panjang.

Namun, hal penting yang harus diperhatikan setiap orang adalah bahwa yoga atau meditasi sering dilakukan sebagai tugas dan tidak dimasukkan sebagai bagian dari kehidupan.

Yoga adalah cara yang bagus untuk mengalahkan stres dan menenangkan pikiran. Stres tidak hanya melepaskan radikal bebas yang berbahaya tetapi juga merupakan penyebab kerusakan yang disebabkan oleh kekebalan tubuh.





(TIN)