9 Indikator Kecerdasan Manusia Selain IQ Tinggi

Nia Deviyana    •    Senin, 05 Sep 2016 11:35 WIB
psikologi
9 Indikator Kecerdasan Manusia Selain IQ Tinggi
(Foto: brainshakti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecerdasan intelektual atau intelligence quotient (IQ) menjadi tolak ukur yang paling dipertimbangkan untuk mengukur kecerdasan seseorang. Menurut psikolog Howard Gardner, pemahaman tersebut terlalu sempit.

Gardner mengatakan, seseorang bisa memiliki hingga sembilan jenis kecerdasan, yang meliputi kecerdasan spasial, naturalis, musikal, logika-matematika, eksistensial, intrapersonal, interpersonal, linguistik, dan, kinestetis-jasmani.

"Setiap kecerdasan memiliki kekuatan dan kendalanya sendiri, serta bersifat independen. Sementara IQ yang kita gunakan sebagai tolak ukur saat ini merupakan entitas tunggal yang didapat dari gen dan belajar," jelasnya seperti dikutip Medical Daily.

Dijelaskan dalam Jurnal Natural Neuroscience, IQ merupakan kombinasi antara gen M1 dan M3, yang berpengaruh pada kognitif, memori, perhatian, kecepatan pemrosesan informasi, penalaran, dan fungsi eksekutif.

Sembilan kecerdasan lainnya yang dimaksud Gardner, dijabarkan sebagai berikut.

1. Spasial

Kecerdasan spasial merupakan kemampuan untuk membentuk suatu gambaran tata ruang di dalam pikiran. Orang yang memiliki kecerdasan spasial tinggi cenderung berpikir secara visual, cenderung imajinatif, dan kreatif.

2. Naturalis

Orang dengan kecerdasan naturalis memiliki empati, pengenalan, dan pemahaman tentang kehidupan dan alam. Orang dengan kecerdasan ini sangat baik jika bekerja di bidang ilmu pertanian, atau hal yang berhubungan dengan lingkungan dan alam.

3. Musikal

Kecerdasan musikal meliputi kepekaan terhadap tangga nada, irama, dan kualitas bunyi. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya ditunjang dengan aspek auditori dan memori yang baik.

4. Logika-matematika

Bentuk lain dari kecerdasan manusia adalah kecerdasan logika-matematika. Kecerdasan logika-matematika meliputi keterampilan berhitung, berpikir logis, dan keterampilan pemecahan masalah.

Mereka yang bergelut di bidang eksakta bukan satu-satunya orang yang memiliki kecerdasan ini. Gardner menjelaskan, siapapun yang dapat menunjukkan kemampuan berhitung dengan cepat, menaksir, melengkapi permasalahan aritmetika, memahami atau membuat alasan tentang hubungan antar angka artinya memiliki kecerdasan ini.

5. Eksistensial

Kecerdasan Eksistensial biasanya ditunjukkan dengan rasa ingin tahu yang besar mengenai kehidupan, kematian dan realita. Kecerdasan ini umumnya dimiliki para filsuf.

6. Intrapersonal


Ada dua kecerdasan yang berhubungan dengan perasaan diri sendiri. Pertama, kecerdasan pribadi yang berhubungan dengan aspek internal dari seseorang. Hal itu disebut dengan kecerdasan intrapersonal. Fungsi penting dari kecerdasan intrapersonal meliputi penilaian diri, menentukan tujuan hidup, instrospeksi, dan mengatur emosi diri. Jika seseorang sudah memiliki kecerdasan intrapersonal yang kuat, maka ia mampu memahami dirinya, termasuk menyadari potensi, dan bagaimana ia harus bertindak kala menemui masalah.
7. Interpesonal

Kecerdasan yang berhubungan dengan orang lain dan pemahaman terhadap diri sendiri merupakan hubungan interpersonal. Kecerdasan interpersonal, sebagai sisi lain dari kecerdasan intrapersonal, sangat berhubungan dengan kemampuan untuk memahami orang lain. Kecerdasan interpersonal mendorong keberhasilan seseorang dalam mengatur hubungan antar individu. Dua keterampilan pokok itu merupakan kemampuan untuk mengenali dan menerima perbedaan antar individu, serta kemampuan untuk mengenali emosi, suasana hati, perspektif, dan motivasi orang.

8. Linguistik

Kecerdasan bahasa erat hubungannya dengan keterampilan dalam menguasai bahasa, baik tulisan maupun lisan. Ciri utama dari kecerdasan bahasa meliputi kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif dalam membaca, menulis, dan berbicara. Keterampilan berbahasa penting sekali untuk memberikan berbagai penjelasan, deskripsi, dan ungkapan ekspresif. Kemampuan mengingat juga merupakan ciri orang dengan kemampuan bahasa yang tinggi. Bagi mereka, mengingat ucapan lisan yang panjang tak menjadi masalah.

9. Kinestetik

Kecerdasan Kinestetik merupakan kemampuan untuk menggunakan seluruh atau sebagian dari tubuh untuk melakukan sesuatu. Ciri-ciri orang yang memiliki Kecerdasan kinestetik yakni senang menikmati kegiatan fisik, cekatan dan tidak bisa diam, memiliki minat tinggi terhadap petualangan.



(DEV)