Ini Alasan Sebaiknya Tidak Minum Kopi Saat Perut Kosong

Raka Lestari    •    Senin, 13 Nov 2017 15:00 WIB
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Minum Kopi Saat Perut Kosong
Minum kopi saat perut kosong juga dapat meningkatkan rasa gelisah, meningkatkan detak jantung, mudah tersinggung dan kemampuan untuk fokus. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan dari kita, menganggap minum kopi merupakan rutinitas pagi hari yang dibutuhkan. Dan ternyata, minum kopi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, misalnya saja dapat melindungi otak Anda dari demensia.

Meskipun tidak ada yang salah dengan meminum kopi di pagi hari, namun Anda tetap harus waspada jika mengonsumsinya saat perut kosong. Kopi dapat menyebabkan dampak serius pada sistem pencernaan Anda.

Kopi yang dikonsumsi dapat membuat perut memproduksi asam lambung. Jika Anda belum mengonsumsi makanan apapun, asam lambung tersebut dapat merusak lapisan perut dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa mulas.



(Baca juga: 6 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi)

Itu bukanlah satu-satunya risiko, "minum kopi saat perut Anda kosong dapat menyebabkan perasaan gugup, gemetar, dan efek-efek lainnya termasuk perubahan mood," ujar Dr. Adam Simon, kepala petugas medis di PushDoctor.co.uk, kepada Express.

Minum kopi saat perut kosong juga dapat meningkatkan rasa gelisah, meningkatkan detak jantung, mudah tersinggung dan kemampuan untuk fokus.

Namun tentu saja, ada beberapa orang yang mengonsumsi kopi saat perut kosong dan tidak terjadi apa-apa. Tetapi menurut ahli diet bersertifikat Leslie Langevin, MS, RD, CD, merekomendasikan untuk meminum kopi disertai dengan sarapan atau cemilan jika perut Anda tidak terlalu lapar.








(TIN)