5 Makanan yang Memiliki Kandungan Gula Tinggi

Raka Lestari    •    Kamis, 30 Nov 2017 12:22 WIB
5 Makanan yang Memiliki Kandungan Gula Tinggi
American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan gula hingga 36 gram per hari untuk pria dan 24 gram untuk wanita. (Foto: Alexander Mils instagram.com/alexandermils/Unsplash.com)

Jakarta: American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi asupan gula hingga 36 gram per hari untuk pria dan 24 gram untuk wanita. Hal tersebut cukup masuk akal mengingat makanan tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan, masalah metabolisme, dan bisa memberikan dampak negatif bagi jantung Anda.

Berikut ini adalah daftar makanan yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi menurut Reader's Digest:


(Yogurt. Foto: Istock/Love_life)

1. Yogurt
Mengonsumsi satu pak yogurt dengan tambahan rasa sama saja dengan makan satu batang permen. "Meskipun yogurt diidentikkan dengan makanan sehat, yogurt rendah lemak dengan rasa stroberi dapat mengandung 26 gram gula per porsi," kata Jennifer Jackson, MD, dari Ascension Via Christi Health. Jika ingin makan yogurt pilihlah yogurt tawar yang memiliki sedikit tambahan gula atau Greek Yogurt yogurt dan tambahkan buah segar Anda sendiri.


(Oatmel. Foto: Jennifer Pallian/Unsplash.com)

2. Oatmeal Instan
Oatmeal sendiri sehat, tapi beberapa jenis oatmeal instan mengandung 14 gram gula per pak. "Campurkan satu setengah cangkir gandum utuh dengan setengah cangkir susu. Rendam semalaman di lemari es dan Anda akan memiliki oat lembut yang sangat baik untuk dimakan keesokan paginya," kata Jackson.

(Baca juga: Benarkah Buah Lebih Sehat Jika Dimakan Langsung Ketimbang Dibuat Jus?)


(Susu non-diary. Foto: Istock/Bhofack2)

3. Susu non-dairy
Semua susu sapi secara alami mengandung gula dari laktosa, tapi sajian susu non-dairy biasanya diberikan tambahan gula. Beberapa jenis susu kedelai misalnya, bisa mengandung hingga 14 gram gula tambahan. Jika Anda mencoba membatasi makanan tinggi gula atau memiliki intoleransi laktosa, pilihlah yang tidak mengandung gula atau dengan kandungan gula yang rendah.


(Granola. Foto: Istock/Nicolebranan)

4. Granola
"Granola seringkali ditambahkan gula tambahan seperti sirup maple, gula cair, madu, dan lain-lain. Jika Anda penggemar granola, pilihlah merek dengan sedikit gram gula dan lebih banyak serat," ujar Cara Harbstreet, MS, RD, LD, dari street-smartnutrition.com.

"Serat membantu memerlambat penyerapan karbohidrat sederhana atau gula dan dapat membantu memberikan rasa kenyang juga," kata Harbstreet.


(Buah kering. Foto: Istock/Bhofack2)

5. Buah kering
Tentu buah merupakan sumber gula alami, tapi juga memberi vitamin, mineral, dan serat sehat. "Camilan sederhana yang tampaknya sehat ini bisa memiliki gula sebanyak permen," kata Alysha Coughler, RD, di buildmybodybeautiful.com. Buah kering itu padat, sehingga memudahkan Anda untuk menyimpannya dalam tas.

"Anda tidak akan makan lima aprikot utuh, tapi mudah untuk makan lima aprikot kering," ujar Coughler. Carilah buah kering dengan sedikit atau tanpa tambahan gula.








(TIN)