Tak Hanya Bikin Gemuk, Menu Sarapan Ini juga Bikin Lesu Sepanjang Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 10:43 WIB
tips kesehatan
Tak Hanya Bikin Gemuk, Menu Sarapan Ini juga Bikin Lesu Sepanjang Hari
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sarapan sangat penting agar Anda bisa memulai hari dengan tubuh yang berenergi. Namun, sarapan bisa membuat berat badan naik jika menu yang Anda makan salah.

 
Bagi Anda yang sedang dalam program diet, hindari beberapa menu berikut supaya berat badan tidak melonjak. Selain itu, makanan di bawah ini tak hanya bikin gemuk, tetapi juga bikin Anda lesu sepanjang hari.
 
1. Yogurt berasa
 
Yogurt adalah makanan tinggi serat yang baik untuk tubuh, Sayangnya, tambahan perasa dalam yogurt umumnya mengandung banyak gula. Akibatya, kenaikan berat badan pun tak bisa dihindari. Cobalah memilih yogurt dengan rasa buah atau polos untuk menghindari kalori berlebih. 
 
2. Terlalu banyak jus buah
 
Tak sedikit orang yang memasukkan jus buah dalam menu sarapan. Sayangnya, minuman sehat ini juga mengandung gula, asam sitrus, dan bahan kimia sebagai pengawet. Meskipun diklaim terbuat dari 'bahan alami' dan 'bebas gula', sebaiknya batasi konsumsi minuman tersebut. 
 
3. Makan makanan yang digoreng
 
Sarapan dengan lauk yang digoreng bukanlah hal yang aneh. Namun, jika proses penggorengan menggunakan minyak dalam jumlah banyak, maka jumlah kalori yang masuk ke tubuh pun dipastikan bertambah. Akibatnya, perut akan terasa kembung dan badan menjadi lesu sepanjang hari. 
 
4. Makan cemilan batangan
 
Cemilan batangan yang diklaim dapat menambah energi adalah pilihan sarapan instan dimana makanan ini juga sering dikonsumsi mereka yang sedang dalam program diet. Namun, cemilan tersebut juga tergolong tinggi gula. Bacalah kandungan yang terdapat di dalamnya sebelum memutuskan membeli makanan ini.
 
5. Makan wafel dan pancake
 
Makanan yang enak dan menggoda ini terbuta dari tepung saring yang sulit untuk dicerna. Selain itu, makanan ini juga tinggi gula dan kalori. Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, hapus menu ini dalam sarapan. 
 
6. Porsi sedikit
 
Mengurangi porsi makan adalah salah satu strategi yang paling banyak digunakan. Sayangnya, hal tersebut hanya akan membuat Anda semakin kelaparan sepanjang hari. Pilihlah menu sarapan yang cukup berat dan kurangi porsi cemilan. 
 
7. Menyimpan banyak menu sarapan
 
Meskipun oat dipercaya dapat menurunkan berat badan, namun tidak dengan pilihan rasa yang didominasi manis. Sirup atau madu yang merupakan pelengkap menu sarapan oat dan sereal sudah pasti mengandung banyak gula dan dapat menaikkan berat badan. 

 

(DEV)