Aplikasi Ponsel Beri Banyak Manfaat untuk Penderita Gangguan Mental

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 23 Nov 2017 11:22 WIB
Aplikasi Ponsel Beri Banyak Manfaat untuk Penderita Gangguan Mental
Adanya aplikasi kesehatan mental pada ponsel dapat membantu mengubah perilaku emosional pada penderita jika sering digunakan. (Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang menderita gangguan mental dapat menguatkan kesehatan psikologis melalui aplikasi ponsel. 

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JMIR Mental Health tersebut menyatakan bahwa orang yang dengan masalah kesehatan mental dan emosi merasa kehilangan kontrol. Mereka seharusnya yakin bahwa aplikasi pelayanan kesehatan mental dapat memberik efek yang efektif pada saat bersamaan. 

"Adanya aplikasi kesehatan mental pada ponsel dapat membantu mengubah perilaku emosional pada penderita jika sering digunakan," sebut para peneliti. 

"Penemuan kami menunjukkan bahwa aplikasi yang berfokus pada kesehatan mental dan emosional memiliki kemapuan untuk mengubah perilaku menjadi lebih positif," ujar kata Ben Crookston, asisten profesor di Brigham Young University di Utah, Amerika Serikat. 


(Adanya aplikasi kesehatan mental pada ponsel dapat membantu mengubah perilaku emosional pada penderita jika sering digunakan. Foto: Daniel Frank/Unsplash.com)

(Baca juga: Mengatasi Anak Kecanduan Gawai)

"Ini adalah kabar baik untuk orang-orang yang mencari sumber murah dan mudah diakses untuk membantu melawan penyakit mental dan emosional."

Para peneliti menyurvei 600 orang yang telah menggunakan pola makan, aktivitas fisik, dan aplikasi kesehatan mental selama enam bulan terakhir untuk melihat apakah aplikasi tersebut memengaruhi perilaku pengguna. 

Hasilnya, sekitar 90 persen pengguna palikasi tersebut mengalami peningkatan motivasi, kepercayaan diri, keyakinan, niat, dan sikap tentang kesehatan mental dan emosional.

Para peneliti menyimpulkan, meski metode ini tak termasuk konvensional, aplikasi kesehatan mental dapat membantu mengatasi masalah psikis dan meningkatkan efisiensi pada diri penderita. 








(TIN)