5 Kebiasaan Pagi Pemicu Naiknya Berat Badan

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 19 Nov 2017 11:06 WIB
tips kesehatan
5 Kebiasaan Pagi Pemicu Naiknya Berat Badan
Naiknya berat badan dipengaruhi kebiasaan pada pagi hari. (Foto: Today)

Jakarta: Ada banyak faktor penyebab naiknya berat badan. Salah satunya, dipengaruhi kebiasaan yang Anda pada pagi hari.

Lima kebiasaan ini contohnya, perlahan tetapi pasti bisa membuat timbangan Anda semakin bergeser ke kanan.

1. Pola tidur tak sehat

Kurang tidur menyebabkan konsentrasi terganggu, cenderung memilih makanan tak sehat, dan menekan imunitas. Begitu juga dengan terlalu banyak tidur, efeknya pun tak baik bagi kesehatan.

Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang memiliki gen obesitas cenderung mengalami penambahan lemak lebih besar jika tak mengikuti pola tidur rutin.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur lebih dari sembilan jam pada malam hari lebih berat empat kilogram dibandingkan berat badan normal. Sementara, orang dewasa yang bekerja dengan jadwal kerja atau tidur siang cenderung mengalami kenaikan berat badan, bila memiliki gen obesitas.

2. Malas merapikan tempat tidur

Sebuah survei dari National Sleep Foundation menemukan bahwa 19 persen orang yang merapikan tempat tidur cenderung memiliki tidur yang berkualitas dan lebih rileks. Charles Duhigg, penulis buku The Power of Habit menyebutkan bahwa merapikan tempat tidur setiap hari memiliki efek pada kebiasaan merapikan hal-hal lain seperti mengatur makan siang sehat, pergi ke gym, atau menata makan malam.

3. Melihat gawai

Menghabiskan waktu pagi dengan melihat-lihat gawai, seperti memandangi media sosial adalah salah satu pengganggu besar dalam melakukan kegiatan-kegiatan penting. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan gawai dari tempat tidur agar Anda.

4. Tak mengukur timbangan

Sebuah studi menemukan bahwa semakin lama wanita tidak memerhatikan berat badannya, maka semakin banyak bobot yang mereka dapatkan. Para peneliti menyebutkan bahwa mereka yang rutin menimbang berat badan mampu mematuhi kebiasaan makan yang lebih baik sehingga pola makan menjadi lebih teratur.

5. Tidak sarapan

Tidak biasa sarapan memberi implikasi negatif pada tubuh. Tak hanya menstabilkan gula darah dan membakar kalor, sarapan juga membantu meningkatkan kadar insulin. Karena insulin adalah hormon penyimpanan lemak, semakin banyak yang beredar di tubuh, maka semakin sulit untuk membakar lemak tubuh. Pilihlah sarapan yang sehat agar energi bertambah, bukan hanya secangkir kopi.




(DEV)