Beragam Manfaat Madu Manuka

Raka Lestari    •    Jumat, 01 Feb 2019 07:05 WIB
jerawat
Beragam Manfaat Madu Manuka
Salah satu manfaat madu mauka untuk membantu tidur lebih baik dan mencegah Anda terserang flu. (Foto: Womens Health)

Jakarta: Madu manuka memiliki keunggulan yang berbeda dari madu-madu pada umumnya. Madu tersebut juga menjadi salah satu tren kesehatan yang akhir-akhir ini cukup digandrungi banyak orang.

Wajar saja jika Madu Manuka menjadi salah satu tren kesehatan. Sebab banyak manfaat yang terkandung dalam madu yang berasal dari Selandia Baru ini. Salah satunya untuk membantu tidur lebih baik dan mencegah Anda terserang flu.

"Madu manuka aktif dalam melawan atau menghancurkan bakteri," jelas dokter kulit Dendy Engelman, M.D.

Berarti, madu manuka membunuh bakteri yang dapat menginfeksi pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Meskipun secara teknis menurut Engelman, semua madu bersifat antibakteri, manuka dapat mengurangi kemerahan pada jerawat Anda dan juga jerawat yang membandel.

"Efek anti-inflamasinya dapat mengurangi peradangan jerawat," kata Karen Hammerman, M.D., dari Schweiger Dermatology Group.

Baca juga: Kapan Bumil Mimisan Perlu ke Dokter?

Sementara untuk mengobati jerawat, menurut ahli estetis, Jeannel Astarita, Anda juga bisa mencampurkan Madu Manuka dengan tea tree oil.

"Keduanya adalah perpaduan yang sempurna untuk masker wajah untuk mengendalikan minyak berlebih, membersihkan pori-pori, menghilangkan noda di wajah dan untuk menenangkan kulit yang kemerahan, jerawat, dan eksim," kata Astarita.

Manfaat lain dari Madu Manuka, adalah bahan yang ideal untuk dijadikan masker wajah di rumah.

"Madu sangat bagus untuk meningkatkan hidrasi dan kelembapan. Ini adalah bahan umum dalam perawatan kulit, tetapi Anda dapat menerima sifat menenangkan dari pengaplikasian Madu Manuka secara langsung," terang Schweiger.

Untuk menjadikan bahan masker wajah, Madu Manuka dicampur dengan greek yoghurt agar masker yang dihasilkan tidak terlalu encer atau lengket.

Cegah Stunting, Kenali Penyebabnya



(FIR)