Ozzy Osbourne Terkena Infeksi Staph, Ini Gejalanya

Torie Natalova    •    Kamis, 01 Nov 2018 08:55 WIB
ozzy osbourne
Ozzy Osbourne Terkena Infeksi Staph, Ini Gejalanya
Penyanyi rock Ozzy Osbourne sedang memulihkan diri dari infeksi Staph yang mematikan. (Foto: Courtesy of Getty Images/Sergei Boblev)

Jakarta: Penyanyi rock Ozzy Osbourne sedang memulihkan diri dari infeksi Staph yang mematikan. Ozzy yakin dia mendapatkan infeksi tersebut saat jabat tangan dengan seseorang. Ia menyadari ada masalah pada tubuhnya ketika ibu jari tangan kanannya membengkak besar tapi tidak merasakan sakit.

Menurut Mayo Clinic, infeksi staph disebabkan oleh bakteri staphylococcus yang biasanya ditemukan di kulit atau hidung. Orang sehat pun dapat menyimpan bakteri jenis ini.

Bakteri ini tidak selalu mematikan dan cukup ramah untuk hidup di tubuh kita tanpa menimbulkan masalah. Tapi, ketika ini menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti aliran darah, sendi, paru-paru dan jantung, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang berpotensi mematikan.

(Baca juga: Infeksi Kulit yang Biasa Muncul Saat Musim Panas)

Adapun empat gejala umum infeksi staph sebagai berikut:

1. Kulit bisul
Infeksi staph biasanya muncul sebagai noda kulit yang dipenuhi nanah atau meradang. Infeksi staph juga bisa berubah sebagai bagian kulit melepuh menyerupai ruam yang disebut sebagai impetigo.

2. Keracunan makanan
Bakteri staph dapat menginfeksi makanan Anda. Ketika bakteri bertemu makanan Anda, ia menggandakan dan menghasilkan racun sehingga membuat Anda sangat kesakitan.

Gejalanya seperti diare, muntah dan sakit perut yang biasanya muncul dalam enam jam. Selain memasak makanan dengan benar, pastikan tangan bersih sebelum mengolah makanan.

3. Demam
Orang-orang yang dirawat di rumah sakit berisiko lebih besar memiliki bakteri staph di aliran darah. Ini dapat menyebabkan infeksi darah yang memiliki gejala seperti demam dan tekanan darah rendah. Ketika berada di aliran darah, bakteri ini sulit dikendalikan karena dapat menyebar ke jantung, tulang dan organ lainnya.

4. Sindrom toxic shock
Racun yang dihasilkan bakteri staph dapat berakumulasi dan menyebabkan sejenis keracunan darah yang disebut toxic shock syndrome. Gejalanya seperti demam mendadak, muntah atau diare, nyeri otot, sakit kepala dan ruam di telapak tangan dan kaki.

Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi staph, terutama ketika Anda sedang mengolah makanan atau berurusan dengan luka. Cuci handuk, seprai dan lap piring secara rutin serta perhatikan kebersihan tangan dan kuku Anda.





(TIN)