Kesedihan Mendalam dan Depresi, Adakah Perbedaannya?

Torie Natalova    •    Selasa, 16 Oct 2018 11:25 WIB
depresi
Kesedihan Mendalam dan Depresi, Adakah Perbedaannya?
(Foto: Newsau)

Jakarta: Depresi bisa disebut sebagai salah satu penyakit mental yang paling sering dialami. Namun, sebenarnya sulit bagi sebagian orang untuk mengatakan apakah mereka benar-benar mengalami depresi, atau hanya mengalami fase kesedihan yang mendalam.

Kesedihan tidaklah sama dengan depresi. Apa yang membedakan keduanya? 

Dr Mark Winwood menjelaskan, depresi adalah salah satu masalah kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan sedih terus menerus.

Orang yang hidup dengan depresi sering mengalami perasaan bersalah yang kuat, harga diri dan energi yang rendah, serta konsentrasi yang buruk, yang semuanya dapat berdampak buruk pada kehidupan sehari-hari.

Ketika Anda merasa sedih, itu bisa memberi Anda pandangan keseluruhan yang suram di berbagai kehidupan Anda. Namun, jika Anda depresi, Anda akan mengalami sejumlah gejala yang umumnya tidak selalu sama dengan individu lainnya.

Gejala-gejalanya dapat dikategorikan menjadi tiga yakni pikiran dan perasaan, gejala fisik dan perilaku. Dalam kategori pikiran dan perasaan, orang depresi kurang percaya diri, pikiran negatif, pandangan hidup tidak ada gunanya, pikiran untuk bunuh diri, rasa bersalah terus menerus, mudah gelisah, tidak tertarik pada hobi yang biasa, dan merasa tidak berharga.

Untuk gejala yang dilihat dari fisiknya, orang yang depresi tiba-tiba kehilangan atau nafsu makannya bertambah dari biasanya, hilangnya dorongan seks, kekurangan energi, sembelit, tidur terganggu, dan perubahan haid pada wanita. 

Berdasarkan perilakunya, orang depresi biasanya memiliki gejala seperti menangis secara teratur, menyakiti diri sendiri, tidur atau makan lebih banyak atau lebih sedikit, dan konsumsi alkohol serta tembakau yang meningkat.

Apabila Anda merasa mengalami empat atau lebih dari gejala-gejala tersebut setiap hari, selama lebih dari dua minggu, kemungkinan Anda hidup dengan suasana hati yang tertekan.





(DEV)