Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Cegukan

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Nov 2018 07:14 WIB
kesehatan
Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Cegukan
Ada banyak kemungkinan penyebab cegukan, dan banyak hal terjadi di dalam tubuh ketika hal itu terjadi. (Foto: Jelleke Vanooteghem/Unsplash.com)

Jakarta: Cegukan mungkin terlihat lucu tetapi cegukan dapat menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan terutama ketika cegukan terjadi pada waktu yang tidak tepat.

Setiap manusia pasti pernah mengalaminya namun biasanya itu terjadi dalam waktu yang singkat. Jika cegukan Anda berlangsung cukup lama atau bahkan sampai berjam-jam tentu saja itu akan sangat mengganggu.

Ada banyak kemungkinan penyebab cegukan, dan banyak hal terjadi di dalam tubuh ketika hal itu terjadi. Dikutip dari Bustle berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika Anda mengalami cegukan.

1. Diafragma Anda teriritasi
Cegukan terjadi ketika ada iritasi diafragma yang merupakan otot yang Anda gunakan untuk bernapas. "Cegukan menyebabkan kejang otot diafragma yang dapat menghirup udara secara tiba-tiba," kata Dr Richard Honaker, MD, kepada Bustle. "Itu menyebabkan suara klik dari pita suara saat mereka menutup dengan cepat."

(Baca juga: Penyebab Bayi Cegukan dan Pencegahannya)


("Kecemasan juga menyebabkan tertelannya udara pada beberapa orang karena mereka mungkin mengalami hiperventilasi ringan," kata Dr Honaker. Ketika Anda bernapas dengan cepat, atau mengalami serangan panik, Anda mungkin mendapatkan cegukan sebagai hasilnya. Foto: Verne Ho/Unsplash.com)

2. Menelan udara
"Makan terlalu cepat menyebabkan Anda menelan udara yang dapat mengganggu perut," kata Dr Honaker. "Diafragma adalah otot berbentuk kubah yang memisahkan organ-organ perut dari organ-organ dada. Dengan demikian, perut terletak tepat di bawah diafragma kiri. Ketika distensi itu mendorong pada diafragma, menyebabkan kejang pada otot karena iritasi."

3. Emosi Anda akan meningkat
Jika Anda merasa cegukan setiap kali Anda terkejut atau kesal, Anda tentu tidak sendirian. "Cegukan tidak selalu terjadi karena cara kita minum atau makan tetapi cegukan juga bisa dipicu oleh situasi emosional," ujar Caleb Backe, seorang ahli kesehatan dan kebugaran di Maple Holistics. 

Inilah sebabnya mengapa dengan menakut-nakuti Anda adalah "obat" umum untuk cegukan. Ini semua terjadi karena adanya perubahan emosi, kata Backe. "Jadi mendapatkan kejutan terkadang bisa menyingkirkan cegukan."

4. Anda merasa cemas
"Kecemasan juga menyebabkan tertelannya udara pada beberapa orang karena mereka mungkin mengalami hiperventilasi ringan," kata Dr Honaker. Ketika Anda bernapas dengan cepat, atau mengalami serangan panik, Anda mungkin mendapatkan cegukan sebagai hasilnya. 

"Kita semua tahu bagaimana kecemasan dapat membuat otot leher tegang dan hal yang sama juga terjadi pada otot perut," katanya. "Ketika itu terjadi, itu memberi tekanan pada organ-organ perut dan mereka didorong ke dalam perut sehingga menekan dan mengiritasi diafragma."

5.Saraf Anda mengalami masalah
"Cegukan adalah kelainan paling umum dari diafragma," kata ahli chiropractor dari Amerika Serikat, Keith Sparks. "Cegukan terjadi ketika diafragma dan saraf-saraf leher bagian bawah tidak lagi berkomunikasi dengan benar. Akibatnya, kita merasakan kekejangan sementara di diafragma yang kita sebut cegukan." Meskipun begitu, menurut Sparks ini bukanlah situasi yang permanen dan akan segera sembuh dengan sendirinya.





(TIN)