Unggahan Foto di Instagram Bantu Deteksi Dini Depresi

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 20 Aug 2017 11:18 WIB
kesehatan mental
Unggahan Foto di Instagram Bantu Deteksi Dini Depresi
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak mudah mendeteksi depresi pada seseorang karena gangguan ini ada yang datang secara diam-diam. Namun, ternyata, unggahan foto di media sosial dapat memberikan pertanda bahwa seseorang mengalami gangguan tersebut.

Sebuah studi mengidentifikasi penderita depresi dengan menggunakan alogaritma dan berhasil mendeteksi 70 persen penderita depresi melalui foto yang diunggah secara tepat.

Studi kecil yang dipublikasikan dalam jurnal EPJ Data Science tersebut melibatkan 166 pengguna Instagram yang membagikan sekitar 44 ribu foto. Beberapa peneliti mengembangkan program komputer yang menganalisa aspek tertentu dari foto, termasuk skema warna dan interaksi foto seperti komentar dan jumlah penyuka.

"Foto yang diunggah orang depresi cenderung berwarna lebih gelap, menerima komentar dari komunitas, cenderung foto wajah, dan tidak memiliki filter tertentu," tukas asisten peneliti Dr. Christopher Danforth dari University of Vermont’s Computational Story Lab.

Penderita depresi lebih jarang memilih filter foto, namun jika iya, mereka cenderung memiliki filter jenis Inkwell yang merupakan foto hitam putih. Selain itu, analisa komputer juga menemukan bahwa penderita depresi menggunggah foto lebih sering dibandingkan mereka yang tidak mengalami gangguan tersebut.

Meskipun 71 dari partispan mendapat diagnosa klinis terkena depresi, perlu diketahui bahwa program komputer tersebut bukanlah alat diagnosa. Namun, hal tersebut bisa dijadikan sebagai peringatan dini.

"Lebih baik kita menyadari adanya kemungkinan seseorang melakukan bunuh diri dan membawanya ke psikolog secepatnya karena ada sesuatu tentang media sosial mereka sehingga kita tahu mereka butuh bantuan," ujar Danforth.


(DEV)