Alasan Diet Bebas Gluten Tidak Baik untuk Kesehatan Anda

Torie Natalova    •    Jumat, 12 May 2017 09:32 WIB
kesehatan
Alasan Diet Bebas Gluten Tidak Baik untuk Kesehatan Anda
Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan bebas gluten sebenarnya dapat mengurangi asupan biji-bijian sehat Anda. (Foto: Pinterest/101Taste)

Metrotvnews.com, Jakarta: Belakangan ini, penjualan makanan bebas gluten atau gluten free semakin meningkat. Padahal, makanan bebas gluten tidak baik untuk Anda yang tidak mengidap penyakit Celiac.

Sebuah tim peneliti dari Harvard dan Columbia University telah memperingatkan bahwa diet bebas gluten tidak boleh direkomendasikan pada mereka yang tidak menderita penyakit celiac. Celiac merupakan sebuah kondisi yang mempengaruhi hanya satu persen dari populasi di seluruh dunia. 



(Baca juga: Apakah Makanan Bebas Gluten Lebih Sehat?)

Penyakit ini disebabkan dari makanan gluten yang dapat memicu reaksi usus yang mencegah penyerapan nutrisi dan menyebabkan banyak efek samping seperti perut kembung, diare dan mual.

Sayangnya, diet bebas gluten ini menjadi tren kesehatan selama beberapa tahun terakhir dilihat dari banyaknya orang yang membatasi makanan mereka dan beralih ke makanan bebas gluten. Sebagian besar dari mereka meyakini bahwa makanan bebas gluten dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung.

Namun, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan bebas gluten sebenarnya dapat mengurangi asupan biji-bijian sehat Anda. Sebuah kelompok makanan yang penting untuk mencegah penyakit jantung.



"Pemikiran baru telah muncul di komunitas medis dan masyarakat awam bahwa gluten dapat meningkatkan risiko obesitas, sindrom metabolik, gejala neuropsikiatrik dan risiko kardiovaskular. Akibatnya, makanan yang membatasi asupan gluten semakin populer," kata penulis penelitian di British Medical Journal.

Sebenarnya, para peneliti yang menemukan bahwa mereka membatasi asupan gluten juga makan lebih sedikit bij-bijian yang sebenarnya berkaitan erat dengan pencegahan penyakit kardiovaskular. 

Sehingga, para peneliti menekankan bahwa jika Anda tidak memiliki penyakit celiac sebaiknya hindari membatasi makanan bebas gluten karena tidak berdampak baik bagi Anda.







(TIN)