Mana Lebih Baik, Keramas di Pagi atau Malam Hari?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 19 Sep 2017 15:33 WIB
kesehatan kulit
Mana Lebih Baik, Keramas di Pagi atau Malam Hari?
Keramas pagi atau malam hari yang paling terbaik bagi rambut Anda? Simak informasinya. (Foto: Averie Woodard/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keramas adalah satu cara membersihkan rambut yang paling mudah dilakukan. Namun, kapankah waktu keramas yang tepat?

Kebanyakan orang melakukan ritual keramas bersamaan dengan mandi, yaitu di pagi atau malam hari. Namun, pada dasarnya, waktu keramas ditentukan berdasarkan kesibukan seseorang. 

"Tak ada penelitian ilmiah yang menyebutkan anjuran keramas yang tepat, hal ini dikarenakan kebiasaan keramas tergantung pada lingkungan dan gaya hidup seseorang," terang Saint Tiu selaku Principal Scientist P&G Hair Care Asia Pasifik dalam peluncuran kampanye Pantene #KuatLawanPolusi, Selasa (19/9/2017).


(Mana keramas yang lebih baik, pagi atau malam hari? Foto: Suhyeon Choi/Unsplash.com)

Ia memberi contoh, kebanyakan orang yang memiliki aktivitas padat cenderung keramas di malam hari saat semua kegiatan telah selesai. 

(Baca juga: Menguak Kepribadian Wanita Lewat Gaya Rambut)

Namun, ia menekankan bahwa selain frekuensi, pemilihan produk perawatan rambut juga tak kalah penting. 

"Gunakan produk yang dapat memurnikan rambut dari debu dan kotoran dari luar yang menempel pada rambut akibat aktivitas sepanjang hari," saran Tiu.


(Kapan saja  keramas dilakukan ternyata tergantung dari aktivitas harian yang Anda lakukan. Foto: Hannah Morgan/Unsplash.com)

Selain itu, Tiu juga mengingatkan bila terjadi kerontokan rambut akibat paparan polusi udara dan perawatan rambut yang tak maksimal. 

"Normalnya rambut rontok sekitar 50-100 helai per hari, dari akar rambut," tukasnya. 

Namun, saat ini, problematika kerontokan rambut yang kerap terjadi adalah rambut patah pada bagian batang rambut, dimana bantuan kondisioner dibutuhkan untuk melindungi rambut secara keseluruhan.











(TIN)