Orang dengan Penyakit Gusi Lebih Berisiko Mengidap Demensia

Torie Natalova    •    Rabu, 30 Aug 2017 10:28 WIB
demensia
Orang dengan Penyakit Gusi Lebih Berisiko Mengidap Demensia
Kini, peneliti menemukan bahwa mereka yang menderita penyakit gusi jangka panjang 70 persen lebih mungkin mengalami demensia. (Foto: Gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain Alzheimer, demensia merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang paruh baya. Demensia merupakan penyakit yang menyerang ingatan dan akan mengganggu kehidupan Anda di masa tua.

Kini, peneliti menemukan bahwa mereka yang menderita penyakit gusi jangka panjang 70 persen lebih mungkin mengalami demensia. Ilmuwan percaya bahwa peradangan yang disebabkan oleh masalah mulut selama bertahun-tahun pada akhirnya dapat merusak otak.



Meskipun peneliti tidak dapat membuktikan bahwa penyakit gusi adalah penyebab langsung Alzheimer, mereka mengatakan bahwa menyikat gigi secara menyeluruh disarankan untuk mencegah demensia jika ini memang berkaitan langsung.

(Baca juga: Jamur Mampu Cegah Risiko Demensia dan Alzheimer)

Penelitian yang dilakukan di Taiwan tersebut mengamati 28 ribu orang, membandingkan mereka yang baru-baru ini mengalami diagnosis periodontitis kronis dengan mereka yang tidak lebih dari 10 tahun.

Ada peningkatan yang mencolok dalam terjadinya Alzheimer pada mereka yang memiliki penyakit gusi jangka panjang. Individu ini 70 persen lebih mungkin mengembangkan penyakit tersebut.



Kepala penelitian James Picket mengatakan, meskipun pada awalnya tidak tampak jelas bahwa penyakit gusi dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, masuk akal jika reaksi kekebalan yang dipicu oleh penyakit gusi dapat membuat jalan ke otak dan berkontribusi pada perkembangan demensia.

Namun, dia mengatakan bahwa mereka yang memiliki penyakit gusi jangka panjang tidak panik. Karena, hanya sekitar satu dari 100 orang yang memiliki penyakit gusi mengembangkan penyakit demensia.












(TIN)