Sembelit dan Mudah Flu, Pertanda Kurang Buah dan Sayur

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Jul 2017 17:31 WIB
kesehatan
Sembelit dan Mudah Flu, Pertanda Kurang Buah dan Sayur
(Foto: onlymyhealth)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah dan sayur adalah makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Namun, apa yang terjadi bila kebutuhan tersebut tak dipenuhi?

"Paling mudah dikenali dengan adanya gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain itu, biasanya akan berpengaruh ke daya tahan tubuh sehingga jadi sering kelelahan dan mudah terkena flu," jawab dr Reisa Broto Asmoro selaku dokter sekaligus presenter acara kesehatan di salah satu stasiun TV swasta dalam peluncuran Lemari Es Polytron Belleza 3, Rabu 12 Juli 2017.

Sembelit disebabkan oleh kekurangn serat yang sebenarnya sudah terdapat pada makan berat sehari-hari seperti gandum atau nasi yang notabene adalah karbohidrat. Namun, kandungan serat dalam makanan pokok tersebut tak memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari.

Sementara, fitonutrien (senyawa dalam buah dan sayur yang berfungsi sebagai pelindung) yang tidak tercukupi dapat menyebabkan metabolisme dan daya tahan tubuh terganggu.

Ia menambahkan, konsumsi buah yang tepat adalah 3-5 porsi dalam sehari dimana seperempat dari piring makan baiknya berisi buah dan sayur. Komposisi sayur juga disarankan lebih banyak, yaitu 3/4 dari gabungan kedua bahan makanan tersebut.

Buah dan sayur adalah makanan alami yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dimana kandungan fitonutrien dan antioksidan yang dimiliki tak bisa dihasilkan oleh tubuh manusia.

"Kalau makan banyak tapi tak ada buah dan sayur jadi tak tercukupi kebutuhan tubuh dengan sempurna," simpulnya.


(DEV)