Tidur dengan Rambut Basah, Bahaya atau Tidak?

Torie Natalova    •    Selasa, 06 Jun 2017 09:29 WIB
rambut
Tidur dengan Rambut Basah, Bahaya atau Tidak?
Saat rambut basah, rambut Anda sedang dalam tahap kompromi. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu merawat rambut dengan lebih baik setelah mencucinya. (Foto: Pinterest/Laurenconrad.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mengatakan jika Anda keluar rumah dalam kondisi rambut basah setelah keramas dapat menyebabkan masuk angin. Ada pula yang berasumsi bahwa tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan pilek. Benarkah demikian?

Pilek atau flu umumnya disebabkan oleh virus sehingga tidak mungkin tidur dengan rambut yang basah dapat membuat Anda sakit flu. Namun, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa hal itu dapat membuat Anda lebih rentan terhadap virus.

Sebenarnya, alasan mengapa tidur dengan rambut basah itu buruk berawal dari kesehatan rambut Anda. Saat rambut basah, rambut Anda sedang dalam tahap kompromi. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu merawat rambut dengan lebih baik setelah mencucinya. 

(Baca juga: Menguak Kepribadian Wanita Lewat Gaya Rambut)

Ini sama seperti anjuran untuk tidak menarik atau mengikat rambut Anda dengan sisir saat basah. Karena, setiap kali Anda melakukannya maka risiko peregangan batang rambut dapat terjadi yang bisa memicu kerusakan rambut.

Apabila Anda terlalu mengantuk untuk menunggu rambut kering, setidaknya usap rambut perlahan dengan handuk kering sebelum kepala Anda menyentuh bantal. 

Mungkin saat bangun Anda akan mendapatkan rambut gelombang yang cantik, tapi ini bisa menimbulkan kerusakan serius yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. 

Karena, rambut tak hanya tertarik saat tidur, tapi juga terjepit oleh jaringan rambut dan dalam banyak kasus ini akan membuat rambut rontok.

Ada solusi lain apabila Anda sudah terbiasa tidur dengan rambut basah yakni mengganti bantal dengan sarung bantal sutra. Serat yang lebih kecil akan membuat sedikit hambatan pada rambut saat Anda bergerak tanpa sadar ketika tidur.








(TIN)