Waspada! Rasa Lelah Berlebihan Bisa Menjadi Pertanda Penyakit

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 06 Jun 2017 11:18 WIB
kalbe nutritionals
Waspada! Rasa Lelah Berlebihan Bisa Menjadi Pertanda Penyakit
(Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penuaan merupakan bagian dari siklus hidup yang tak bisa dihindari. Memasuki usia 30, di situlah penuaan dimulai. Beragam penurunan fisik mulai terasa, seperti kulit yang mengendur dan stamina yang tak sekuat sebelumnya.

Salah satu tanda penuaan yang kerap dialami orang pada umumnya ialah rasa mudah lelah dan letih. Namun, bisa juga timbulnya rasa lelah berkepanjangan akibat gaya hidup buruk seperti makan tidak teratur, kurang tidur, kekurangan nutrisi, dan jarang berolahraga.
 
Jika terus menerus lelah sepanjang waktu, coba lakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Jika dalam tiga minggu perubahan gaya hidup telah dilakukan dan rasa lelah masih berlanjut, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

Untuk Anda ketahui, selain karena faktor penuaan, rasa lelah berkepanjangan bisa menjadi pertanda beberapa penyakit berikut ini.

1. Anemia

Kelelahan yang disebabkan oleh anemia adalah akibat dari kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh. Anda mungkin merasa lemah dan sesak napas. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin, kehilangan darah, atau penyakit kronis lainnya seperti rheumatoid arthritis, kanker, atau gagal ginjal.

2. Diabetes

Masalah bagi penderita diabetes tipe 2 ialah tidak dapat mengolah glukosa dengan benar yang menyebabkannya terbentuk di dalam darah. Kelelahan kerap menjadi tanda peringatan pertama seseorang mengidap diabetes.

3. Penyakit tiroid

Semakin banyak hormon tiroid (hipertirodisme), maka metabolisme tubuh semakin cepat. Namun semakin sedikit hormon tiroid (hipotirodisme), maka metabolisme melambat. Hipertiroidisme menyebabkan kelelahan otot dan kelemahan, yang terjadi pertama kali di paha. Olahraga seperti mengendarai sepeda atau menaiki tangga menjadi lebih sulit.

Gejala lainnya ialah penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, peningkatan denyut jantung, haid yang lebih pendek, dan meningkatnya rasa haus. Hipotiroidisme menyebabkan kelelahan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, dan nyeri otot, bahkan dengan aktivitas ringan. Gejala lainnya termasuk kenaikan berat badan karena retensi air, terasa dingin sepanjang waktu (bahkan dalam cuaca yang lebih hangat), menstruasi yang lebih berat dan lebih sering, dan konstipasi. Umumnya ini terjadi pada perempuan di atas 50 tahun.

4. Depresi

Depresi merupakan penyakit utama yang memengaruhi pola makan dan tidur. Tanpa pengobatan yang tepat, depresi bisa berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Depresi juga dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi.

5. Rematik

Rematik terjadi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik melawan dirinya sendiri dan menyerang jaringan sendi yang sehat, terkadang mengakibatkan kerusakan tulang dan kartilago. Gejala berupa kelelahan, nyeri sendi, serta kehilangan nafsu makan pertanda timbulnya rematik. Presiden dan CEO Yayasan Arthritis John Klippel mengatakan, penderita anemia dan kelainan tiroid yang juga menyebabkan kelelahan lebih rentan terkena rematik.

6. Apnea Tidur

Apnea tidur adalah kelainan yang ditandai dengan gangguan nafas sesaat saat tidur. Hal ini menyebabkan Anda merasa lelah ketika terbangun. Rasa lelah itu terus berlanjut hingga siang hari. Biasanya gejala ini ditandai dengan dengkuran keras dan diikuti rasa lelah pada keesokan harinya.

Mulai mengubah pola hidup lebih sehat, menjadi poin penting untuk menangkal penyakit-penyakit di atas. Selain itu, pastikan nutrisi tubuh tetap terpenuhi sepanjang waktu agar badan tetap bugar ketika memasuki usia 30 tahun.

Guna membantu terpenuhinya nutrisi harian, Anda dapat mengonsumsi Entrasol. Entrasol mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yakni Hytolive sebagai antioksidan alami, P-Bone untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 1o vitamin dan 5 mineral.

Entrasol pun lebih sedikit mengandung lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan melonjak. Jangan tunda lagi, minum Entrasol setiap hari agar tetap sehat dan bugar.


(ROS)