Alergi Berpengaruh pada Keceriaan Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 27 Jul 2017 08:00 WIB
kesehatan anak
Alergi Berpengaruh pada Keceriaan Si Kecil
(Foto: Freepik)

Metrotvnews.com, Jakarta: Alergi saat kecil tak hanya memengaruhi kesehatan fisik anak, tetapi juga psikologisnya. Hal itu dikarenakan anak tak bebas memilih makanan yang diinginkan.

Akibatnya, anak menjadi murung dan merasa berbeda dengan teman-temannya. Tak jarang, anak juga merasa tertekan atau stres karena tak bisa memutuskan sendiri apa yang ingin dimakan.

“Si kecil yang memiliki alergi protein susu sapi rentan mengalami stres dan kecemasan berlebih karena keterbatasan mereka," ujar psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si.

Ia menambahkan, tidak maksimalnya kondisi anak bisa jadi membuatnya kurang ceria dan mengalami gangguan bersosialisasi karena tidak bisa selalu hadir di sekolah dan bermain dengan teman-temannya.

Reaksi lain yang bisa ditimbulkan anak adalah kurang tidur sehingga tubuh mudah lelah dan sulit konsentrasi ketika belajar.

Penanganan yang tak tepat dari orang tua dapat menyebabkan anak tumbuh menjadi pribadi yang kaku, pencemas dan menghindari pergaulan.

Ini pastinya akan menurunkan rasa percaya diri si kecil di lingkungan sosial," tegasnya.




(DEV)