Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari

Torie Natalova    •    Senin, 18 Sep 2017 15:48 WIB
tidur
Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari
Selama tidur yang nyenyak, otak kita menghasilkan hormon pertumbuhan yang membantu menguatkan tulang, otot, merangsang sistem kekebalan, dan lainnya. (Foto: Nomao Saeki/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur nyenyak setiap malam sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selama tidur yang nyenyak, otak kita menghasilkan hormon pertumbuhan yang membantu menguatkan tulang dan otot, merangsang sistem kekebalan dan mensintesis protein yang berperan untuk membuat kita tetap semangat dan merasa sehat.

Namun, banyak orang yang tidak dapat tidur nyenyak di malam hari. Idealnya, tidur nyenyak diawali dengan tidur ringan, kemudian nyenyak, lalu kembali lagi tidur ringan sebelum akhirnya terbangun setelah mengalami gerakan mata cepat.

Dilansir dari Oprah.com mengatakan bahwa kurang tidur akan membuat Anda lesu atau kurang bersemangat dan lemah di pagi hari setelah bangun tidur. Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak mencapai tidur yang nyenyak.

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)



1. Anda tidak mimpi saat tidur nyenyak
Ini lebih mungkin terjadi saat gerak mata cepat atau REM. Kondisi ini biasanya menghasilkan keadaan kelumpuhan otot sementara otak memainkan cerita yang jelas. REM terjadi pada babak kedua malam dan mudah terganggu.

2. Tidur nyenyak tidak menyenangkan
Mungkin Anda dapat tidur nyenyak di dua jam pertama, tapi tidur yang nyenyak adalah perasaan yang membuat Anda merasa puas istirahat di kemudian hari. Jika Anda merasa lesu keesokan paginya, kemungkinan Anda tidak tidur nyenyak semalam.

Banyak orang yang memilih mengonsumsi obat-obatan untuk membantu mereka tidur nyenyak. Namun, pil tidur bukanlah solusinya. Obat ini memang dapat membuat Anda mengantuk tapi tidak menjamin Anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

Anda bisa mencoba tidur lebih nyenyak dengan mengganti suasana kamar tidur menjadi lebih redup dan tenang serta olahraga teratur yang diyakini dapat membantu tidur nyenyak setiap malam. Yoga atau meditasi dan mandi air panas sebelum tidur juga diyakini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.












(TIN)