Benarkah Madu dan Sirup Maple Lebih Baik daripada Gula?

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 07 Jan 2018 17:00 WIB
tips kesehatan
Benarkah Madu dan Sirup Maple Lebih Baik daripada Gula?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Salah Satu pengganti gula yang cukup sering disarankan adalah madu dan sirup maple karena dinilai lebih menyehatkan. Benarkah demikian?

Gula putih sendiri terbuat dari dua jenis pemanis, yaitu fruktosa dan glukosa. Tubuh memecah glukosa dan menggunakannya sebagai energi, sementara itu ada yang tidak pecah menjadi lemak. Gula yang terdiri dari dua kandungan tersebut dipecah dengan cepat oleh tubuh.

Sementara, gula terdiri dari air, fruktosa dan glukosa memiliki tambahan sekitar 20 jenis gula lain, serat tepung, dan flavonoid. Inilah alasan mengapa madu cenderung lebih manis daripada gula meskipun hanya ditambahkan dalam jumlah sedikit.

Madu mengandung lebih banyak frukstosa dibandingkan glukosa, dimana membuat tubuh menggunkan lebih banyak energi (dan membakar kalori) untuk mengubahnya menjadi glukosa yang akan digunakan sebagai sumber energi.

Elemen tambahan seperti serat dan flavonoid juga membuat jenis pemanis ini memiliki lebih banyak kandungan nutrisi dibandingkan gula.

Terakhir, sirup maple murni adalah pilihan yang lebih baik karena karena proses pengolahan yang lebih sedikit daripada gula olahan. cairan ini juga mengandung antioksidan dan mineral seperti seng dan potasium, dan memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada gula halus, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang bisa memberi kegugupan.

Semua jenis gula, baik olahan atau normal, sebaiknya dikonsumsi dalam kadar normal. Namun madu dan sirup mapel memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada gula biasa.

 


(DEV)