Melakukan Hubungan Seks Setelah Menopause

Raka Lestari    •    Selasa, 17 Oct 2017 07:14 WIB
seks
Melakukan Hubungan Seks Setelah Menopause
Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 45 persen wanita mengalami hubungan seks yang menyakitkan setelah menopause. (Foto: Istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah dengan mengalami menopause Anda berfikir bahwa semuanya akan berubah terutama dalam hubungan seks? Pikirkan lagi. Dengan beberapa trik tertentu, mungkin saja pengalaman berhubungan seks yang terbaik belum datang. 

1. Vagina Anda mulai kering
Berdasarkan review studi medis di Journal Obstetrics & Gynecology mengatakan bahwa 68 sampai 86,5 persen wanita mengalami permasalahan seks setelah mereka menoupause.

"Ini adalah masalah yang sangat umum, namun sayangnya sering tidak ditangani oleh pasien atau oleh dokter, jadi kami sering mendapatkan kasus dimana banyak wanita yang sangat tidak bahagia di luar sana, "kata Mary Jane Minkin, MD, direktur Seksualitas, Keintiman, dan Menopause Klinik di Yale New Haven Hospital dan pendiri situs kesehatan wanita MadameOvary.com." 



2. Beberapa cara agar seks tidak menyakitkan
Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 45 persen wanita mengalami hubungan seks yang menyakitkan setelah menopause.

"Pelumas yang lebih baik berbasis silikon, yang sangat licin dan bertahan lebih lama dari pada air," ujar Lauren Streicher, MD, pengarang  dari  Sex Rx: Hormones, Health, and Your Best Sex Ever, dan direktur dari Northwestern Medicine Center for Sexual Health and Menopause in Chicago. Anda bisa mencoba obat rumahan seperti minyak zaitun atau kelapa. 

(Baca juga: Obat-obatan Ini Menurunkan Gairah Bercinta)

3. Libido Anda kemungkinan menurun
Kekurangan estrogen bisa jadi menyebabkan keinginan untuk melakukan hubungan seks menurun. "Beberapa pasien mengatakan bahwa mereka mengatakan mengalami penurunan libido dan hal pertama yang aku pikirkan adalah rasa ketidaknyamanan," ujar Dr. Minkin.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengatasi rasa ketidaknyamanan tersebut sehingga keinginan untuk melakukan hubungan seks pun dapat muncul kembali. 

4. Anda tetap masih bisa merasakan klimaks
Dr. Streicher mengatakan kurangnya estrogen pada vagina saat menopause tidak serta merta mempengaruhi kemampuan klimaks wanita. "Orgasme tidak tergantung pada estrogen, sehingga wanita masih bisa merasakan orgasme yang sehat dan kuat tanpa estrogen sama sekali."










(TIN)