4 Cara Terhindar dari Penyakit Musim Dingin

Torie Natalova    •    Sabtu, 30 Dec 2017 15:47 WIB
tips kesehatan
4 Cara Terhindar dari Penyakit Musim Dingin
4 Cara Terhindar dari Penyakit Musim Dingin (Foto: gettyimages)

Jakarta: Bagi sebagian negara, akhir tahun berarti menjalani keseharian dalam musim dingin. Seperti musim dingin, musim hujan juga rentan memicu penyakit terutama flu.

Untungnya, ada beberapa langkah kesehatan dan tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk tetap bebas dari penyakit di musim dingin kali ini.

1. Asupan vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Selama musim dingin, sinar matahari akan sulit didapat atau tidak mengandung cukup radiasi UVB untuk membuat vitamin D. Karenanya, tubuh Anda mengandalkan vitamin D dari makanan atau suplemen.

2. Cuci tangan teratur
Jika Anda sakit karena terjangkit virus, cara terbaik untuk menghindari sakit adalah dengan rutin mencuci tangan. Karena, 80 persen penyakit menular menyebar melalui sentuhan.

3. Mencegah dengan cepat
Studi menunjukkan bahwa seng dapat mempercepat pemulihan Anda dari flu dan mengurangi keparahan gejalanya jika dikonsumsi dalam waktu 24 jam. Meningkatkan asupan vitamin C juga dapat membantu mencegah flu.

4. Ubah kebiasaan minum
Alkohol memiliki efek merusak pada banyak organ tubuh kita yang dapat memicu penyakit hati dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta sejumlah jenis kanker. Penyalahgunaan alkohol juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda lebih rentan terserang penyakit.




 


(ELG)