5 Cara untuk Meningkatkan Hormon Serotonin

Raka Lestari    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:25 WIB
kesehatan
5 Cara untuk Meningkatkan Hormon Serotonin
Menurut sebuah penelitian dari Johns Hopkins University, melakukan meditasi secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda dan meningkatkan kadar serotonin. (Foto: Rares Peicu/Unsplash.com)

Jakarta: Membantu mengatur tidur, nafsu makan, dan mood, serotonin adalah neurotransmitter yang ada di otak dan usus, dan seringkali dihubungkan dengan masalah kesehatan mental.

Menurut Harvard Medical School, beberapa orang yang menderita depresi mungkin memiliki kadar serotonin yang terlalu rendah, dan meningkatkan kadar serotonin di otak bisa dijadikan andalan untuk mengobati depresi.

Dibawah ini adalah cara alami untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh Anda:

(Baca juga: Psikolog: Depresi adalah Silent Killer)

1. Berolahraga
Menurut peneliti dari Universitas Vermont, berolahraga selama 20 menit dapat memerbaiki mood Anda hingga 12 jam. Saat berolahraga, tubuh Anda melepaskan gelombang neurokimia termasuk serotonin dan dopamin yang dirancang untuk mengatasi rasa sakit pada otot Anda dan menghubungkan Anda dengan gerakan yang sangat diinginkan tubuh Anda.

2. Pijat
Peneliti dari University of Miami School of Medicine melakukan tinjauan menyeluruh terhadap lebih dari banyak studi tentang terapi pijat, mereka menyimpulkan bahwa, dengan memengaruhi biokimia tubuh, pijat dapat benar-benar mengatasi kecemasan dan depresi secara efektif.

3. Berjemur
Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa orang memiliki kadar serotonin lebih tinggi pada hari-hari yang cerah daripada pada hari-hari yang berawan.

4. Perhatikan makanan
Sebuah penelitian dari American Chemical Society, periset mengatakan kepada 20 orang untuk menghindari kacang dan 22 lainnya mengikuti diet kaya kacang selama 12 minggu. Pada akhir tiga bulan, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan mengalami peningkatan kadar serotonin.

5. Meditasi
Menurut sebuah penelitian dari Johns Hopkins University, melakukan meditasi secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda dan meningkatkan kadar serotonin. Dan 30 menit adalah waktu yang cukup untuk membantu memerbaiki gejala depresi.









(TIN)