Apakah Ketombe Rambut dapat Menular?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 11:32 WIB
tips kesehatan
Apakah Ketombe Rambut dapat Menular?
(Foto: Healthline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketombe di rambut memang tidak berbahaya. Namun menjadi indikasi bahwa rambut Anda tidak sehat. Di sisi lain, ketombe juga membuat keindahan rambut berkurang dan mengurangi rasa percaya diri.


Pertanyaan lain, apakah ketombe menular layaknya kutu rambut?
 
Ketombe tidak menular. Masalah rambut ini muncul karena jamur Malassezia  menempel di kulit kepala sehingga muncul kotoran berwarna putih. Jamur tersebut muncul karena kulit kepala lembab akibat keringat yang keluar. 
 
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kotoran putih muncul di rambut Anda. 
 
1. Jika kulit kepala cenderung kering, lembabkanlah dengan menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak pada seluruh kulit kepala dengan cara menyisir seperti biasa agar merata. Campurkan 1/2 sendok teh minyak jarak dan minyak kelapa, kemudian panaskan sejenak sebelum dioleskan ke bagian kepala tersebut. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya dengan menggunkan sampo agar pertumbuhan dan tekstur kulit kepala lebih sehat. 
 
2. Cucilah rambut minimal dua kali seminggu. Saat kepala kehujanan, cuci dan gunakan kondisioner pada rambut saat sudah sampai rumah. Hal tersebut akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel dari air hujan. Keringkan dengan handuk dan hindari penggunaan hair dryer. Pastikan kulit tetap kering. 

 

(DEV)